Scroll to Top

Main Game 40 Jam, Bisa Sembuhkan Katarak

By C Novita / Published on Saturday, 18 Feb 2012

Katarak sembuh dengan video gameKatarak biasanya disembuhkan dengan menggunakan metode penyembuhan laser, atau operasi. Namun bagi yang takut menjalani kedua cara tersebut, kini ada cara penyembuhan lain yang lebih menyenangkan.

Peneliti asal McMaster University, Kanada, Dr Daphne Maurer, berkata bahwa video game ternyata mampu membantu meningkatkan kemampuan melihat pasien katarak.

Caranya sederhana, yaitu dengan memainkannya selama 40 jam, dalam waktu sekitar 4 pekan. Jadi dalam 4 pekan itu, seorang penderita katarak sebaiknya bermain game dalam waktu kumulatif, 40 jam.

Namun sayangnya, tidak semua jenis katarak dapat disembuhkan dengan cara demikian. Hanya katarak bawaan lahir saja yang dapat sembuh dengan terapi ini. Dan biasanya, penderita katarak bawaan yang bisa disembuhkan hanya yang masih berusia dini, atau kanak-kanak.

Dokter Maurer menerangkan bahwa, tulisan kecil serta objek lain yang bergerak di dalam video game membuat mata seorang anak yang menderita katarak bawaan menjadi lebih awas dalam merespon.

Dikutip dari Dailymail 17/02/12, dokter tersebut masih belum bisa memastikan efek dan keamanannya jika terapi ini dilakukan pada penyakit katarak yang diderita oleh orang dewasa.

Namun, penelitian yang dilakukan sebelumnya terkait dengan video game, ternyata terapi tersebut juga mampu mengobati sindrom mata malas pada orang dewasa.

Sindrom ini dikenal sebagai gangguan otak yang membuat salah satu bola mata dan kemampuan melihatnya tidak berkembang dengan seimbang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda