Scroll to Top

BrailleTouch Membuat Kita Tidak Perlu Melihat Layar Saat Mengetik

By Ivan Azzam / Published on Saturday, 18 Feb 2012

Ada sebuah aplikasi yang bisa dikatakan unik bagi anda para pengguna smartphone. Peneliti dari Georgia Tech membuat aplikasi smartphone yang diberi nama BrailleTouch di mana kegunaan aplikasi ini adalah membuat kita tidak perlu melihat layar saat mengetik sesuatu.

Aplikasi Brailletouch

Fitur yang digunakan oleh aplikasi ini adalah gesture-based serta multitouch. Aplikasi ini dibuat berdasarkan keyboard Braille. Dalam pembuatannya, tim pembuat dari Georgia Tech menyuruh partisipan yang mengalami masalah pada matanya untuk menggunakan aplikasi ini.

Aplikasi ini baru dibuat versi iPhone saja. Para tim pembuat mengatakan aplikasi ini akan mudah digunakan siapa saja. Tujuan utamanya sebenarnya, dengan aplikasi ini, diharapkan orang yang memiliki mata bermasalah masih bisa mengetik di layar sentuh smartphone dengan lebih mudah.

Selain itu, bagusnya lagi, aplikasi ini bersifat open source, jadi siapa saja yang merasa bisa meningkatkan kemampuan aplikasi ini, bisa dengan bebas memodifikasinya. Bicara versi yang tersedia, tentu saja nantinya akan ada versi lain, tim pembuat sendiri sedang mengembangkan versi Android.

Lihat cara kerja dari aplikasi tersebut di video di bawah ini:

(via Ars Technica)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda