Scroll to Top

Stirling Moss Sebut Sebastian Vettel Adalah Versi Modern Juan Fangio

By Rheza Fadhlillah / Published on Saturday, 18 Feb 2012

Legenda balap Formula Satu era 50an, Stirling Moss, sangat mengagumi bakat alami Sebastian Vettel sebagai seorang pembalap. Moss bahkan tidak ragu menyebut Vettel adalah versi modern Juan Manuel Fangio, rival dan juga rekan satu timnya di Mercedes pada tahun 1955.

Sir Stirling Moss

Fangio adalah juara dunia lima kali Formula Satu di awal kemunculan kejuaraan tersebut di era 50an. Dalam karirnya, Fangio berhasil memenangkan 24 dari 51 balapan yang ia ikuti. Di setiap musim kejayaanya yakni pada tahun 1951, 1954 hingga 1957, Fangio selalu menampakan dominasinya.

Vettel adalah Fangio modern, di Formula Satu”, ucap Moss. “Saya tidak melihat, selain daripada kemampuan alaminya, bagaimana ia begitu hebat, bagaimana bisa ia sehebat itu.”

“Saya rasa Vettel memang luar biasa, dan kemudian ia mendapatkan mobil terbaik, yang mana cukup adil karena normalnya pembalap terbaik mendapatkan mobil terbaik. Fangio berkeliling dan mendapatkan apa yang ia inginkan dan mengambil apa yang tertinggal.”

Begitu kagumnya Moss kepada kehebatan Vettel sampai ia sendiri mengatakan bahwa dua pembalap Mclaren asal Inggris yakni Jenson Button dan Lewis Hamilton belum bisa disetarakan dengan Vettel.

“Vettel luar biasa. Mereka (duo Mclaren) berada di sana, namun tidak setara dengannya”, tambah Fangio.

“Lewis melakukan hal-hal lucu, demikian kita tidak bisa memastikannya. Saya bertaruh kepada Jenson. Ya saya akan melakukannya. Lewis hebat, ia sebenarnya luar biasa cepat tetapi Jenson mampu berpikir lebih baik dari Lewis pada kondisi tertentu.”

“Misalnya ketika hujan dan apakah harus masuk atau tidak untuk pergantian ban. Untuk hal semacam itu ia memiliki pemahaman yang lebih baik, dan memiliki banyak pengalaman dari hal itu.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda