Scroll to Top

Jose Mourinho Setara dengan Eks Pelatih Real Madrid Alfredo di Stefano

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 19 Feb 2012

Belum cukup Jose Mourinho membuat cerita dengan 110 gol Real Madrid yang sudah dilesakkan di Santiago Bernabeu hanya dalam 31 pertandingan kandang di Santiago Bernabeu, ia sudah menciptakan kisah baru yang tak kalah spektakuler.

Jose Mourinho

Jumlah kemenangan yang dibukukan Jose Mourinho saat ini setara dengan jumlah 3 angka yang dibuat oleh Alfredo di Stefano, pemain sekaligus pelatih legendaris Real Madrid.

Mou sukses memperoleh 49 kemenangan di La Liga hanya dalam 61 pertandingan. Sementara itu, di Stefano yang melatih Los Blancos pada 1982 hingga 1984, mendapatkan kemenangan yang sama. Bedanya, jumlah laga yang dimainkan Real Madrid asuhan Di Stefano lebih banyak. 49 kemenangan tersebut dibuat dalam 83 pertandingan.

Selain setara dengan Di Stefano, 49 kemenangan Jose Mourinho ini juga sejajar dengan Jose Villalonga, pelatih yang menangani Real Madrid pada Desember 1954 hingga April 1957. Namun, lagi-lagi persentase kemenangan Mou lebih tinggi. Vilalonga mencatatkan 49 kemenangan itu dalam 77 partai.

Urusan gelar, Jose Mourinho harus lebih berkaca kepada Vilalonga daripada Di Stefano. Nama yang disebut belakangan memang sangat andal ketika menjadi penyerang Real Madrid.

Namun, ketika menjalani karier sebagai pelatih, nasib naas menimpa Di Stefano. Pada musim 1982/1983, Real Madrid berpeluang meraup lima gelar dalam semusim. Namun apa mau dikata. Alih-alih sukses, mereka terhina dengan menjadi runner-up berturut-turut La Liga, Copa de La liga, Copa del Rey, Piala Super Spanyol, dan Piala Winners.

Sebaliknya, Vilalonga dalam waktu kurang dari 2 tahun mampu menyumbangkan 2 gelar La Liga dan 2 gelar Liga Champions (saat itu European Cup). Hal yang semestinya bisa diikuti Jose Mourinho. Kini, peluang mendapatkan gelar La Liga dan Liga Champions pertama untuk Los Blancos terbuka lebar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda