Scroll to Top

Susu Skim Bisa Kurangi Keluhan Asam Urat

By Ilham Choirul / Published on Monday, 20 Feb 2012

susu

Orang yang punya penyakit asam urat (gout) bisa dikurangi keluhannya dengan mengonsumsi susu skim (susu tanpa lemak). Susu ini, menurut penelitian yang dipublikasikan Annuals of the Rheumatic Diseases, saat diperkaya kandungan  glycomacropeptide (GMP) dan ekstrak lemak susu (G600) mampu mengurangi peradangan yang diakibatkan oleh kristal asam urat.

Dalam penelitian tersebut dilibatkan 120 pasien asam urat. Dan, asam urat setidaknya dialami mereka minimal empat bulan berjalan. Mereka lalu dibagi menjadi tiga kelompok dan diberikan tiga jenis susu yang berbeda untuk dikonsumsi harian.

Masing-masing kelompok ada yang diberi susu bubuk laktosa, susu bubuk skim, atau susu bubuk skim yang diperkaya GMP dan G600. Dalam penyajiannya, susu dicampur bersama 250 mL air. Peneliti kemudian secara rutin mengecek efek susu terhadap pasien, termasuk frekuensi nyeri yang dirasakan selama tiga bulan.

Hasilnya, kelompok pasien yang meminum susu bubuk skim yang diperkaya GMP dan G600 menunjukkan ada perubahan signifikan pada kondisi asam urat mereka. Namun, kondisi yang sama tidak ditemukan pada dua kelompok pasien lain. Menariknya, susu skim tersebut tidak menimbulkan potensi obesitas atau menambah kadar lemak dalam darah.

“Asupan harian susu bubuk skim yang diperkaya dengan GMP dan G600 dapat mengurangi frekuensi flare gout,” ujar penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda