Scroll to Top

Tahan! Jangan Ciuman Dulu Kalau Lagi Sakit

By Ilham Choirul / Published on Monday, 20 Feb 2012

Sekali pun Anda seorang yang pandai mencium pasangan dengan berbagai tekniknya, sebaiknya perlu juga melihat kondisi saat berciuman. Bisa-bisa, ciuman yang tidak dilakukan pada waktu yang tepat justru berubah menjadi malapetaka buat Anda. Ciuman ternyata juga menjadi sarana efektif penyebaran kuman melalui perantaraan air liur.

ciuman

Ada beberapa penyakit yang bisa menular lewat liur. Misalnya batuk, pilek, flu, mononucleosis, flu H1N1, dan sebagainya. Menurut Dr Parul Sheth, dokter umum di India, penyakit yang menular lewat ciuman ini disebut mononucleosis.

“Anda bisa tertular  mononucleosis melalui batuk atau bersin, atau dengan berbagi gelas atau cangkir dengan seseorang yang memiliki mono,” kata Sheth kepada Times of India.

Sementara itu, jenis virus lain yang berbahaya juga mudah menular lewat pertukaran air liur kala ciuman. Tercatat Epstein-Barr, Human Papillomavirus (HPV), virus herpes simpleks tipe 1, dan virus herpes sitomegalo adalah segolongan virus yang bisa menular dari ciuman.  Belum lagi ditambah infeksi bakteri streptokokus yang dapat menyebabkan sakit tenggorokan dan penyakit gusi. Dan, jika kena infeksi virus coxsackie bisa menyebabkan penyakit mulut.

Untuk itu, ketika Anda hendak mencium kekasih, pastikan dia dan Anda sedang dalam keadaan sehat. Jangan sampai gara-gara ciuman sesaat malah membuat Anda berdua sakit bersama. Yang paling penting, jaga kekebalan tubuh Anda yang bisa menjadi tameng untuk melawan kuman yang masuk ke tubuh Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda