Scroll to Top

Olahraga di Luar Ruangan Jauh Lebih Menyehatkan

By Ilham Choirul / Published on Monday, 20 Feb 2012

bersepeda

Pilihan untuk berolahraga kini beraneka rupa. Kalau malas jogging di luar, bisa menggunakan treadmil di dalam rumah. Jika ingin melatih berbagai otot tubuh tinggal datang ke gym. Pilihan alat cukup banyak untuk melatih otot Anda.

Tahukah Anda? Meski olahraga dalam ruangan kian digemari, namun berolahraga di luar ruangan justru lebih menyehatkan. Ada faktor yang mungkin hanya bisa didapat dengan olahraga outdoor, yaitu kepuasan.

Olahraga outdoor mendorong pelakunya untuk turut berinteraksi dengan alam dan lingkungan masyarakat yang dinamis. Efek sehat secara fisik didapatkan, sekaligus memperbaiki kesehatan mental. Menyatu dengan alam membawa perubahan psikologis seseorang – dari yang mulanya mungkin depresi, marah, bingung, atau tegang – menjadi rileks dan berpikiran positif. Ada unsur revitalisasi dalam mental dari orang yang berolahraga di luar ruangan.

Penelitian yang dilakukan terhadap 833 orang dewasa di Inggris menyimpulkan, mereka yang berolahraga di luar ruangan merasakan kenikmatan dan kepuasan yang lebih besar dibanding saat olahraga di dalam ruangan. Dan, penelitian yang dilakukan Peninsula College of Medicine and Dentistry di Inggris dengan European Centre for Environment and Human Health (ECEHH) itu juga menyatakan, para pelaku olahraga outdoor tersebut lebih tergerak untuk mengulangi aktivitasnya ini di kemudian hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda