Scroll to Top

Fitur Baru Ditambahkan ke Windows SkyDrive

By Ivan Azzam / Published on Monday, 20 Feb 2012

Ada banyak layanan cloud storage saat ini, sebut saja iCloud, SkyDrive, Google Drive, Dropbox, dan seterusnya. Semua layanan tersebut memiliki satu tujuan utama, di mana penggunanya bisa menaruh file secara online baik gratis (utamanya Google Drive dan Dropbox) atau berbayar (utamanya iCloud dan SkyDrive).

SkyDrive logo

Bicara mengenai layanan SkyDrive dari Microsoft, dalam versi terbarunya (versi 16.3), SkyDrive semakin berkembang. Alasannya adalah ketersediaannya untuk iOS dan Android, lalu terintegrasinya dengan Windows 8 dan sebagainya.

Kali ini, demi meningkatkan SkyDrive, Microsoft menambahkan beberapa fitur baru di versi SkyDrive terbarunya. Fitur yang dimaksud adalah:

Dukungan format OpenDocument

Seperti yang kita ketahui, sebelum ini, pengguna hanya bisa mengunggah dokumen-dokumen yang memiliki format dari Microsoft sendiri, sebut saja .doc, atau .xls, atau .ppt dan sebagainya. Untungnya, kali ini dukungan dokumen diperluas. Jadi pengguna bisa mengunggah ekstensi seperti .odt, .odp, dan sebagainya. OpenDocument ini digunakan jika anda membuat dokumen dengan OpenOffice/LibreOffice.

Akses file dan folder dari komputer menggunakan aplikasi SkyDrive

Seperti namanya, aplikasi ini digunakan saat pengguna ingin mengakses file dan folder milik mereka di akun SkyDrive. Namun ada tambahan lagi, aplikasi ini juga membuat kita bisa mengakses file dan folder yang ada di komputer kita melalui tampilan web SkyDrive. Ini artinya, file kita yang ada di komputer bisa diakses secara online.

Layanan pemendek URL

Layaknya layanan pemendek URL dari Bit.ly, atau T.co dari Twitter, kali ini SkyDrive juga mendukung fitur ini. Alasannya adalah, banyak link dari SkyDrive terlalu panjang dan terkadang ini membuat pengguna tidak nyaman. Maka dari itu, Microsoft mengambil langkah dengan menambahkan fitur ini.

Share via Twitter dan situs sejenis

Microsoft juga memudahkan pengguna dalam hal berbagi. Buktinya adalah, Microsoft menambahkan fitur agar pengguna bisa melakukan share dari file apa saja yang sudah diunggah. Tentunya yang diberikan adalah link dari file tersebut.

Batas file menjadi 300 MB

Jika dulunya file dibatasi hanya maksimal 100 MB saja, maka kali ini Microsoft meluangkan lagi menjadi 300 MB. Hal ini tentu memuaskan penggunanya agar bisa mengunggah file yang bisa lebih besar. Ini juga dilakukan agar SkyDrive tidak dianggap terlalu pelit dibandingkan layanan cloud storage lain.

Nah, ingin berpindah ke Microsoft SkyDrive? (via LiveSide)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda