Scroll to Top

GreatPoint, Startup Yang Bekerja Mengubah Batubara Menjadi Gas Alam

By Ivan Azzam / Published on Monday, 20 Feb 2012

Sebuah startup bernama GreatPoint Energy sedang membangun pabriknya di Cina. Apa yang dilakukan oleh startup ini? Jawabnya adalah, mereka berusaha keras mencari energi dan sumber daya yang bersih dan bebas polusi.

Tech startup

Hal tersebut tidak ditemui di sumber daya batu bara, maka dari itu, mereka mencari cara agar bagaimana manusia nantinya memanfaatkan gas alam sebagai sumber daya energi alternatif. GreatPoint sendiri mendapat kucuran dana sebesar 1,25 milyar dolar mengenai pembangunan pabriknya ini.

Dilaporkan oleh Wall Street Journal, perusahaan Cina yang juga berinvestasi pada GreatPoint adalah, Wanxiang Holdings, yaitu sebesar 420 juta dolar. Wanxiang ini nantinya akan mendanai pembangunan pabrik di Cina tersebut. Tahap pertama pendanaan akan selesai 2015 nanti.

Tugas dari GreatPoint adalah, bagaimana mereka mengubah batu bara, menggunakan teknologi panas tingkat tinggi, mengubahnya menjadi gas. Ini diperlukan karena, menurut mereka gas alam memiliki potensi bagus menjadi sumber energi dan jauh lebih bersih dari batu bara biasa. GreatPoint sendiri didirikan pada 2000 lalu.

Mari kita tunggu kelanjutan bagaimana perkembangan akan sumber daya energi alternatif ini. Semoga nanti manusia tidak terlalu tergantung akan batu bara sebagai sumber energinya. (via CNET)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda