Scroll to Top

Stroke Ringan Pengaruhi Kemampuan Daya Ingat

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 21 Feb 2012

Meski stroke ringan memungkinkan penderitanya untuk melakukan aktivitas tanpa merasakan kelumpuhan, namun stroke ini berpengaruh kuat terhadap kemampuan daya ingatnya. Kadang stroke ini kurang terdiagnosa baik oleh orang di sekitar pasien. Akhirnya pasien kerap dibawa ke rumah sakit dengan kondisi sedikit lebih parah.gejala stroke

Stroke ringan biasanya terjadi akibat terjadinya penyumbatan di pembuluh darah. Alirannya tidak lancar sehingga menghambat perjalanan darah untuk mendistribusikan nutrisi hingga oksigen. Ciri yang kerap muncul adalah mendadak ada bagian tubuh yang kaku atau mati rasa, sulit bicara, cadel, tubuh lemas, hingga tidak mampu menyeimbangkan tubuh saat berdiri.

Pada penelitian yang dilakukan  Adam Brickman, seorang psikolog saraf dari Fakultas Kedokteran Universitas Columbia, pemindaian memakai MRI pada otak pasien yang mengalami stroke ringan akan tampak bintik gelap. Bintik itu merupakan gumpalan darah yang membuat sebagian sel-sel sehat di otak mati. Hanya saja, stroke ringan tersebut juga bisa mengganggu bagian hippocampus yang punya peran penting untuk kemampuan mengingat.

“Ketika ingatan seseorang berkurang seiring bertambahnya usia, kita biasanya mengaitkan perubahan itu dengan perubahan fungsional atau perubahan struktural dalam hippocampus. Yang kita temukan pada stroke ringan adalah kehadiran stroke di otak juga terkait fungsi daya ingat,” kata Brickman dikutip VOA News.

Dari pengamatan Brickman terhadap 650 responden berusia 65 tahun, diketahui sekitar 25 persennya mengalami stroke ringan. Dan, mereka ternyata tidak memiliki nilai yang baik ketika disodori untuk menjawab tes daya ingat.

“Penelitian kami menunjukkan, keduanya (antara stroke ringan dan perubahan hippocampus) secara independen terkait dengan fungsi daya ingat, dan itu pengamatan baru,” paparnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda