Scroll to Top

Inilah Speedboat Super Cepat Garapan Ferrari

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 22 Feb 2012

ARNO XI Hydroplane

Meski jago di arena balap F1, Ferrari ternyata pernah membuat kendaraan speedboat yang mampu melaju kencang di air. Namanya  ARNO XI Hydroplane yang mampu digeber hingga kecepatan 150,2 mil per jam pada sebuah ujicoba di Danau Iseo, Italia, medio Oktober 1953. Inilah rekor kecepatan speedboat waktu itu.

Speedboat ini memang barang lawas. Diciptakan pada tahun 1953 yang muncul dari ide Achille Castoldi, seorang miliuner. Dia mendekati Enzo Ferrari untuk mengombinasikan mesin cepat ciptaannya ke dalam bentuk speedboat. Ajaibnya, kreasi Ferrari berhasil dengan munculnya speedboat berkapasitas 12 silinder. Mesinnya diterapkan pada mobil Ferrari Type 375 Grand Prix yang bernama Ferrari 4.500 v 12.

Kini, speedboat tersebut menjadi rebutan para kolektor kaya. Pasalnya, beberapa kali kepemilikan kendaraan air 800 kilogram itu berpindah tangan. Castoldi pernah menjualnya ke miliuner Nando dell’Orto. Di tangan Orto, speedboat berhasil menjuarai banyak kompetisi selama satu dekade.

Akhirnya, ARNO XI kini menjadi pajangan. Sejak 1960, dia dipensiunkan. Di tangan pemilik terakhir, ARNO XI sudah dilakukan restorasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda