Scroll to Top

Ponsel Membuat Manusia Masa Kini Semakin Egois?

By Ivan Azzam / Published on Wednesday, 22 Feb 2012

Rasanya kita tidak bisa menyangkal, ponsel sudah menjadi keseharian kita semua. Bahkan ada anggapan, lebih baik kehilangan dompet daripada kehilangan ponsel. Anggapan tersebut rasanya juga tidak berlebihan. Bayangkan betapa paniknya kita saat kehilangan ponsel, nomor penting semua ada di situ.

Ponsel

Bicara ponsel, fungsinya juga kini semakin meluas saja. Bukan hanya itu, ukuran ponsel juga semakin unik. Ponsel bukan hanya untuk telepon dan sms saja, tapi bisa untuk chatting, video chatting, nonton film, mendengarkan musik dan berbagai fungsi lain. Namun tentu dengan semakin banyaknya fitur, berdampak pada kebiasaan manusia sehari-hari.

Tidak percaya? Business School University of Maryland, AS mengadakan penelitian mengenai penggunaan ponsel manusia masa kini. Mereka menemukan hasil bahwa orang sekarang (partisipan) cenderung terbiasa dengan sifat “egois” saat berkomunikasi secara langsung dan lebih suka ber-ponsel ria.

Menurut mereka, penggunaan ponsel secara signifikan membuat orang-orang merasa tidak terlalu butuh akan kehadiran orang lain. Selain itu juga orang-orang enggan berinteraksi atau peduli orang lain. Meski begitu, studi ini masih jauh dari sempurna hasilnya. Rasanya, mungkin orang sekarang perlu 90 hari hidup tanpa ponsel dan jejaring sosial ya? Bagaimana dengan anda? (via The Verge)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda