Scroll to Top

Real Madrid Belanja 382,5 Juta Euro Mendapat 1 Gelar

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 25 Feb 2012

Seandainya Madridistas hanya melihat perbandingan belanja pemain Real Madrid dalam tiga tahun terakhir dengan pendapatan gelar klub kesayangan mereka, barangkali akan ada sedikit rasa perih. Gelontoran uang 382,5 juta Euro sejak dipilihnya Florentino Perez sebagai presiden, sejauh ini hanya bisa ditebus dengan satu gelar saja, Copa del Rey yang sempat jatuh dari bus ketika dipegang Sergio Ramos.

Los Galacticos II

Musim 2009/2010, musim pertama Real Madrid di bawah kepresidenan Florentino Perez jilid II—sebelumnya Perez pernah menjadi presiden pada dekade 2000-an—, Madridistas layak menangis. Kehadiran Ricardo Kaka seharga 65 juta Euro, Cristiano Ronaldo sebesar 94 juta Euro, Xabi Alonso (30 juta Euro), dan Karim Benzema (35 juta Euro) tak mendapatkan hasil apa pun. Real Madrid dikangkangi Barcelona di La Liga. Baik di kandang maupun di tandang, Los Blancos mesti menelan kekalahan 0-2 dan 1-0.

Musim berikutnya, didatangkanlah Jose Mourinho, pelatih yang konon memiliki daya magis menghadapi El Barca. Untuk menambah kekuatan, seperti biasa pemain tenar didatangkan. Mesut Ozil (15 juta Euro) yang meledak di Euro, Sami Khedira (12 juta Euro), dan Angel di Maria (25 juta Euro) dibeli.

Hasilnya pun tak memuaskan. El Barca sempat memberangus Los Galacticos II dengan skor 5-0 di Camp Nou. Lebih menyakitkan lagi, impian lolos ke final setelah 9 tahun, pupus oleh sang seteru abadi. Satu-satunya gelar hanyalah Copa del Rey lewat gol tandukan kepala Cristiano Ronaldo.

Musim ini, kebijakan tidak berubah. Real Madrid tetap boros belanja pemain. Pembelian termahal datang dari Fabio Coentrao dengan harga 30 juta Euro. Namun, keadaan mulai berubah. Deretan pemain mahal yang sudah digabungkan dalam dua tahun, mulai mampu bekerjasama dengan baik. Real Madrid sering menang dengan mudah, berpesta 4 hingga 6 gol, dan berpeluang besar meraih gelar juara La Liga musim 2011/2012.

Jika gelar juara La Liga pertama dalam empat tahun terakhir didapatkan, Los Blancos tampaknya tengah membalikkan sejarah pahit di awal 2000-an. Kala itu, pasukan Los Galacticos Jilid I sempat tampil mengerikan di awal masa pemerintahan Florentino Perez. Namun, lantas lenyap di tahun keempat.
Kini, kesempatan ada di genggaman tangan. Real Madrid harus membuktikan bahwa belanja lebih dari 300 juta Euro dalam 3 tahun terakhir tak sia-sia.

Daftar Pemain Belian Real Madrid

Musim 2009/2010

Álvaro Arbeloa     € 4.5 M
Kaká     € 65M
Cristiano Ronaldo    € 94M
Xabi Alonso    € 30M
Álvaro Negredo    € 5M
Raúl Albiol    € 15M
Karim Benzema     € 35M
Esteban Granero    € 4.5M
—————————————–
Musim 2010/2011

Sergio Canales     € 4.5M
Ángel di María     €25M
Pedro León     €10M
Sami Khedira     €12M
Ricardo Carvalho     € 8M
Mesut Özil     €15M
—————————————
Musim 2011/2012

Nuri Şahin     €10M
José Callejón     €5M
Raphaël Varane     €10M
Fábio Coentrão     €30M

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda