Scroll to Top

Tips Cegah Munculnya Jerawat

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 25 Feb 2012

Tidak ada yang suka jerawat menempel di wajah. Pasalnya, selain membuat gatal juga mengurangi nilai tambah penampilan. Apalagi, jika sampai jerawat tersebut pecah, kadang meninggalkan bekas yang membuat tampilan wajah kurang menarik. Belum lagi ditambah ukuran pori-pori yang kian membesar.

jerawat

Kalau mau bebas jerawat kuncinya pada perawatan wajah ditambah menghindari penyebabnya dari dalam. Tipe wajah berminyak dituntut lebih sering untuk membersihkan muka agar kotoran yang mudah menempel tidak lantas menyumbat saluran pori-pori. Kalau bakteri akhirnya menginfeksi pori, terjadilah jerawat itu.

Dikutip dari Times of India, ada beberapa kebiasaan ringan yang turut membawa andil munculnya jerawat. Misalnya, saat Anda kerap bekerja di depan komputer, tanpa disadari banyak kuman dan kotoran yang ikut menempel di tangan. Kalau Anda menyentuh muka dengan tangan kotor itu, dipastikan wajah terkontaminasi kuman dan kotoran.

Ada lagi. Rambut sering menjadi biang kemunculan jerawat. Anda tidak pernah tahu apakah rambut sudah dalam keadaan kotor atau belum. Rambut menjadi salah satu bagian tubuh yang gampang tertempel kotoran mau pun kuman, apalagi jika Anda tipe orang lapangan. Oleh karena itu, sebisa mungkin jauhkan rambut Anda menutupi bagian wajah.

Untuk menjaga kebersihan wajah, cuci tiga kali sehari dengan pembersih yang cocok dengan kulit Anda. Untuk kulit berminyak, mungkin perlu lebih dari itu. Selain dari faktor kotoran, sebaiknya hindari mengonsumsi gorengan, jauhi stres, dan hindari bermake-up. Jaga keseimbangan kerja tubuh Anda dengan tidur cukup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda