Scroll to Top

Paulino Alcantara, “Lionel Messi Pertama” di Barcelona

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 26 Feb 2012

Kecuali Anda tinggal di planet lain dan baru mengenal Barcelona dalam tiga tahun terakhir, Anda pasti mengenal baik nama Paulino Alcantara. Menjelang detik-detik penentuan Lionel Messi menyalip Cesar Rodriguez sebagai pencetak gol terbanyak Barcelona sepanjang masa di pertandingan resmi, tak salah kita membicarakan sosok Alcantara, yang merupakan top skorer “sejati” El Barca sejak klub ini berdiri.

paulino alcantara

Cesar Rodriguez memang memegang tampuk pimpinan pencetak gol Blaugrana dengan 235 gol. Namun, Paulino Alcantara yang lahir pada 7 Oktober 1896 mampu mencetak 122 gol lebih banyak. Ya, Alcantara tercatat mengemas 357 gol dari 357 penampilan. Sayang, 215 gol di antaranya dicetak dalam pertandingan non-resmi.

Paulino Alcantara, yang memiliki ibu seorang Filipina dan ayah militer Spanyol, memulai hubungan asmara dengan El Barca pada 1909. Kala itu Alcantara hanya mampu menonton pertandingan El Barca dengan penuh harap. Usianya yang belum genap 13 tahun dan keinginan orang tua yang tak ingin sang anak serius menghabiskan energi bermain bola, sempat memerihkan hati sang penyerang terbaik Barcelona.

Namun, takdir berbicara lain. Bukan sebuah kebetulan jika, tahun kepindahan keluarga Alcantara ke Spanyol yang bertepatan dengan tahun pendirian El Barca oleh Joan Gamper pada 1899. Alcantara seolah diutus Tuhan ke Catalan untuk dijadikan sebagai “dewa” pertama Catalan. Bakatnya ditemukan oleh sang pendiri klub, Joan Gamper, ketika bermain di FC Galeno.

Alcantara pun memulai debutnya untuk El Barca pada usia sangat muda: 15 tahun, 4 bulan, dan 18 hari. Kala itu, El Barca berhadapan dengan Catala SC di Campionat de Catalunya pada 25 Februari 1912 —atau 100 tahun sebelum hari ini—-. El Barca menang 9-0 dan Alcantara mencetak tiga gol pertama klub barunya.

Paulino Alcantara yang dideskripsikan semungil Lionel Messi dengan kulit lebih gelap, kemudian mencetak gol demi gol bagi El Barca. Selain 215 gol di partai persahabatan, Alcantara juga menyumbang 5 gol di Piala Spanyol, 98 kali membobol gawang lawan di Catalonian Championship, 35 di Spanish Championship, 3 gol di Pyrenees Cup dan terakhir 1 di Copa Barcelona.

Andai Liga Spanyol dimulai lebih cepat 9 tahun, dengan pertandingan sebanyak era modern, barangkali kita akan melihat deretang gol Alcantara ini sejajar dengan Messi, Laszlo Kubala, atau Cesar Rodriguez.

Yang unik, sang Mesiah Pertama, tidak hanya bergelut di bidang sepakbola. Ia tak bisa memungkiri panggilan sejatinya sebagai dokter.

Kini, 100 tahun berlalu sejak debut Alcantara, Lionel Messi seolah memang ditakdirkan sebagai sang mesiah pengganti. Hampir bisa dipastikan, musim ini Messi akan “sejajar” dengan Alcantara. Kalau Paulino Alcantara menjadi pencetak gol terbanyak Barcelona di semua pertandingan (termasuk persahabatan), 14 gol lagi Messi akan menjadi top skorer El Barca sepanjang masa di kompetisi resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda