Scroll to Top

Lionel Messi untuk Pertama Kalinya Terkena 5 Kartu Kuning di La Liga dalam Semusim

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 28 Feb 2012

Lionel Messi menari melewati tiga pemain belakang Atletico Madrid. Dikelabuinya Thibaut Courtois dengan sempurna. Bola masuk ke gawang Rojiblancos di menit 8. Namun, wasit Perez Lasa tak mengesahkan aksi Messi. Sang pengadil lapangan membubuhkan hukuman kartu kuning pada sang mesiah atas aksinya memakai tangan saat mengontrol bola.

Lionel Messi 1

Messi kala itu tersenyum dan menggunakan bahasa tubuh yang heran. Namun, barangkali fans Barcelona juga akan heran dengan hal lain: jumlah kartu kuning yang diterima Messi. Dalam empat tahun masa pemerintahan Josep Guardiola di Camp Nou, untuk pertama kalinya ia akan kehilangan sang nomor 10 karena akumulasi kartu kuning.

Musim 2008/2009, ketika Pep Guardiola pertama kali menangani Barcelona, Messi termasuk dalam golongan “orang suci”. Cuma dua kartu kuning yang diterimanya dalam 51 pertandingan.

Musim 2009/2010, peringatan wasit melonjak hebat. Messi mendapatkan 6 kartu kuning. Namun, 3 di antaranya didapatkan di luar kompetisi La Liga. Kala itu, Messi diberi peringatan dalam 1 pertandingan Piala Super Eropa (menghadapi Shakhtar Donetsk; menang 1-0) 1 laga Copa del Rey (melawan Sevilla menang 0-1), dan 1 laga Piala Dunia Antar Klub (final menghadapi Estudiantes; menang 2-1).

Musim lalu, 2010/2011, kartu kuning kepada sang mesiah pun menurun. Cuma 4 peringatan wasit yang disodorkan kepada kapten Argentina. Kali ini 3 di antaranya didapatkan di La Liga. Satu-satunya kartu kuning yang diterima Messi di luar kompetisi liga adalah kala Barcelona ditekuk Real Madrid 0-1 di final Copa del Rey.

Musim ini, adalah musim terburuk masalah kedisiplinan sang mesiah. Ia sudah mengantongi 7 kartu kuning. Dua di antaranya, didapatkan di Liga Champions (1 kali) dan Copa del Rey (1 kali).

Di La Liga, sudah lima peringatan wasit yang diterimanya. Kartu kuning perdana didapatkan Messi dalam laga versus Real Sociedad yang berkesudahan 2-2. Kala itu sang mesiah mendapatkan hadiah tersebut di waktu yang sudah tak penting lagi, menit 90+3.

Sejak saat itu, ada 4 kartu kuning tambahan yang melayang. Uniknya, 4 dari 5 kartu kuning Messi diterima di luar Camp Nou. Tak kalah menarik, 3 dari 5 peringatan wasit didapatkannya dari mengontrol bola dengan tangan.

Messi adalah orang ketiga dari empat pemain Barcelona yang sudah mendapatkan hukuman akumulasi kartu kuning. Selain Messi, ada Gerard Pique yang sengaja mendapatkan kartu kuning terakhir demi bisa bermain di El Clasico. Ada pula Javier Mascherano. Kemudian, Sergio Busquest pun turut terkena kartu kuning kelima dalam laga menghadapi Atletico Madrid kemarin.

Secara keseluruhan, sang nomor 10 Barcelona mendapatkan 20 kartu kuning dalam 201 pertandingan La Liga. Sangat sportif karena rata-rata Messi cuma mendapatkan 1 kartu dalam 10 pertandingan. Namun, menyakitkan pula jika melihat musim ini ia lebih banyak “tak tertib” di lapangan. Kesengajaan wasit untuk menggerus Barcelona, atau memang kedisplinan sang Mesiah yang menurun?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda