Scroll to Top

Bosnia vs Brazil 1-2: Tim Samba Diselamatkan Gol Bunuh Diri

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 29 Feb 2012

Persiapan Brazil sebagai tuan rumah Piala Dunia 2014 dijamin tidak terlalu menyenangkan setelah tim Samba melakoni laga menghadapi Bosnia & Herzegovina. Bermaterikan para pemain yang menghuni tim-tim elite Eropa, Brazil membutuhkan gol bunuh diri pemain belakang Bosnia di menit 90 untuk memastikan kemenangan dari tim yang terdepak di play-off Euro 2012.

Bosnia vs Brazil 1-2

Bermain di St. Gallen, Swiss, Brazil memainkan calon penyerang top dunia, Neymar yang diduetkan dengan Leandro Damiao (Internacional). Di lini tengah, jaminan sokongan kokoh terlihat dari deretan pemain seperti Hernanez (Lazio), Ronaldinho (Flamengo), dan Sandro (Tottenham Hotspurs). Di lini belakang, kiper Julio Cesar dikawal kuartet ampuh Dani Alves (Barcelona), Thiago Silva (AC Milan), David Luiz (Chelsea), dan Marcelo (Real Madrid).

Semuanya tampak berjalan dengan mudah ketika Marcelo mencetak gol di menit 4. Dani Alveslah yang menjadi kreator gol ini. Ia menerobos dua pemain belakang Bosnia sebelum melepaskan umpan terukur yang membelah tiga pemain Bosnia. Marcelo datang dari ruang kosong, dan barangkali “lupa” dengan perseteruannya terhadap para pemain Barcelona, Marcelo menyambut umpan Alves dengan tembakan khasnya; meluncur lurus ke sudut jauh gawang Asmir Begovic.

Unggul 1-0 dan seakan kemenangan ada di depan mata, tim Samba dikejutkan dengan gol Vedad Ibisevic. Tembakan Ibisevic sebenarnya cukup lemah. Namun, Julio Cesar tak kuasa menepis bola yang pelan meluncur ke gawangnya.

Meskipun lebih mendominasi serangan, Brazil tak mampu menghasilkan gol. Sementara, Bosnia yang bermain layaknya ini adalah pertandingan hidup-mati, lebih banyak membuat peluang emas. Babak pertama ditutup dengan skor imbang 1-1.

Babak kedua, Mano Menezes mengubah strategi. Dimasukkannya Ganso menggantikan Ronaldinho yang masanya sudah lewat, membuat Brazil tampil lebih hidup. Peluang demi peluang mulai dihasilkan, namun Brazil membutuhkan menit terakhir untuk mencetak gol kemenangan.

Di menit terakhir, sebuah pelanggaran di daerah 30 meter milik Bosnia, berbuah malapetaka. Tendangan bebas yang begitu cepat, diteruskan Marcelo kepada Hulk, sang pemain pengganti. Hulk yang menyisir sisi kiri pertahanan, melepaskan umpan yang justru menyentuh Sasa Papac dan meluncur ke gawang Begovic dengan mudah.

http://www.youtube.com/watch?v=Xmo_F-YcA5w&feature=related

Meskipun kalah, Bosnia layak puas dengan permainan mereka yang menunjukkan, cuma ketidakberuntungan saja yang membuat mereka tidak lolos ke Piala Dunia 2010 dan Euro 2012. Sementara, bagi Brazil, untuk kesekian kalinya Mano Menezes layak dipertanyakan karena keberaniannya memanggil Ronaldinho yang mulai lambat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda