Scroll to Top

Musim ini Lionel Messi Lebih Subur dari Cristiano Ronaldo?

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 29 Feb 2012

Dua seniman sepakbola tengah beradu melukis di langit sepakbola Spanyol. Lionel Messi dengan bakat alami luar biasanya berada di Barcelona; sedangkan Cristiano Ronaldo —sang penyerang dengan kemampuan fisik terbaik di dunia sepakbola modern—- berada di Real Madrid. Hampir setiap pertandingan kita menyaksikan mereka menciptakan gol. Lalu, siapa yang lebih baik? Sang mesiah yang liat, atau CR7 mesin yang tak pernah mogok?

Messi CR7

Liga Spanyol

Di Liga Spanyol, Cristiano Ronaldo bertengger di puncak top skorer. 29 gol dibuatnya hanya dalam 24 pertandingan. Rata-rata, CR7 membobol gawang lawan 1,21 kali setiap pertandingan.

Lionel Messi tepat di bawah peraih sepatu emas Eropa. Messi mengemas 28 gol dari 24 laga. Rata-rata, ia mencetak 1,16 gol tiap pertandingan. Dilihat dari perbandingan ini, Ronaldo mengungguli Messi di La Liga.

Liga Champions

Babak 16 besar baru dilakoni. Lionel Messi sudah mengoleksi 7 gol dan berdiri di puncak top skorer Liga Champions. Padahal, Messi baru bermain 6 kali. Rata-rata ia mengemas 1,17 gol per pertandingan.

Sementara itu, Ronaldo mesti tunduk pada sistem rotasi. Ia cuma lima kali tampil di Liga Champions musim ini. CR7 baru membobol gawang lawan 4 kali, atau memiliki rerata 0,8 gol setiap pertandingan. Dalam hal ini, Messi lebih tajam di Liga Champions.

Copa del Rey

Real Madrid cuma melakoni 6 pertandingan di Copa del Rey. Ronaldo pun cuma tampil lima kali. Namun, dari jumlah yang sedikit itu, CR7 mampu mencetak 3 gol —dua di antaranya ke gawang Barcelona—.

Lionel Messi tampil lebih banyak, 6 kali. Namun, Messi kurang produktif di Piala Raja. Ia baru mengemas 2 gol saat Barcelona membantai Osasuna 4-0. Artinya, dengan jumlah laga yang lebih, Messi tak mampu menyaingi produktivitas Ronaldo di Copa del Rey.

Piala Super Spanyol

Kedua pemain sebenarnya sudah unjuk kebolehan sejak awal musim. Ketika itu Barcelona berduel dengan Real Madrid di Piala Super Spanyol. Di sinilah Lionel Messi kembali lebih unggul. Ia mampu mencetak 3 gol dalam 2 kali berhadapan dengan Iker Casillas. Sementara, Ronaldo cuma sekali membobol gawang Victor Valdes.

Jika duel dua seniman dalam empat ajang ini digabungkan, Ronaldo tercatat mengemas 37 gol dalam 36 penampilan. Sementara, Lionel Messi 40 gol dalam 38 penampilan.

Jumlah gol Messi melonjak karena ia juga tampil di Piala Super Eropa dan Piala Dunia Antar Klub —-ajang yang tak bisa diikuti Ronaldo—. Dalam 3 penampilan di dua ajang tersebut, Lionel Messi mengemas 3 gol. Jadilah total Messi mengemas 43 gol dalam 41 pertandingan; 6 gol lebih banyak dari Ronaldo dalam 5 laga yang lebih banyak pula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda