Scroll to Top

Lionel Messi dan Cesc Fabregas Raja Assist Barcelona

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 29 Feb 2012

Kekuatan Barcelona musim ini bertumpu pada dua pemain kelahiran 1987: Cesc Fabregas dan Lionel Messi. Dari kaki keduanya, sudah lahir 58 gol. Lionel Messi memimpin dengan 43 gol sedangkan Fabregas mengemas 15 gol. Namun, masih ada keampuhan lain dari dua jebolan akademi La Masia: merekalah raja assist Azulgrana.

Lionel Messi-Cesc Fabregas

27 Februari 2012. Lionel Messi untuk kesekian kalinya menari untuk mengoyak lini tengah Atletico Madrid. Tiga pemain belakang dilewatinya sebelum mengirimkan bola melebar kepada Fabregas. Mantan kapten Arsenal melepaskan umpan datar ke kotak penalti. Dani Alves yang menjadi “penyerang tersembunyi” El Barca, sukses membobol gawang Thibaut Courtois.

Aksi ciamik Fabregas ini hanyalah satu dari sekian assist yang sudah disodorkannya kepada para pemain Blaugrana. Total, sudah ada 14 assist yang diberikan Cesc Fabregas. 7 di antaranya dilakukan di La Liga, 6 di Copa del Rey, dan 1 di Liga Champions.

Di Barcelona, cuma Lionel Messi yang mampu melebihi Fabregas. Messi tercatat sudah mengemas 20 assist. 8 assist dibuatnya di La Liga. Selain itu, ada 4 assist di Copa del Rey, 4 di Liga Champions, 2 di Piala Super Spanyol, 1 di Piala Super Eropa, dan 1 lagi di Piala Dunia Antar Klub.

Jika digabungkan, Lionel Messi dan Cesc Fabregas sudah menciptakan 34 assist; atau 26,71% dari jumlah gol Barcelona.

Khusus Fabregas, 14 assist yang dikoleksinya saat ini cuma terpaut 3 assist dibandingkan musim lalu saat memperkuat Arsenal. Rekor assist tertinggi bagi kekasih Daniela Semaan sendiri terjadi pada musim 2007/2008. Kala itu, Fabregas mengemas 23 assist atau 9 lebih banyak daripada yang ditorehkannya musim ini.

Mengingat Barcelona musim ini masih memainkan minimal 18 pertandingan; dan jumlah ini akan bertambah jika El Barca lolos ke babak-babak berikutnya di Liga Champions, bukan tidak mungkin prestasi 4 musim lalu akan disamai Fabregas.

Sementara itu, bagi Lionel Messi, 20 assist yang disodorkannya musim ini; cuma terpaut 4 asisst lebih sedikit daripada musim terbaiknya memberi umpan matang kepada kawan-kawan di depan gawang. Musim tersebut adalah musim lalu, ketika ada 24 assist yang dibuat sang Messiah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda