Scroll to Top

Raspberry Pi Diluncurkan

By Ditya / Published on Thursday, 01 Mar 2012

Raspberry Pi

Sebuah komputer mungil seukuran kartu kredit yang dirancang untuk membantu anak dalam belajar pemrorgaman telah dijual untuk pertama kalinya. Raspberry Pi telah diluncurkan.

Raspberry Pi merupakan komputer mini barebone yang telah dibuat oleh relawan yang diambil dari kalangan akademisi dan industri teknologi di Inggris.

Raspberry dijual “telanjang” tanpa casing, keyboard maupun monitor. Meski demikian kehadiran Raspberry Pi telah menarik perhatian kalangan penggemar maupun tenaga pendidik.

Pendukung Raspberry berharap mesin tersebut dapat membantu meningkatkan ketrampilan pemrograman di Inggris saat ini dianggap kurang.

“Sudah enam tahun proses pengembangan dan pembuatan; sebuah waktu yang cukup lama untuk hal yang besar,” kata Eben Upton, yayasan Raspberry Pi yang bebasis di Cambridge.

Karena permintaan pasar yang cukup kuat, menyebabkan website salah satu pemasok, Premier Farnell mengalami overload karena traffic pengunjung yang sangat padat.

Perangkat ini akan digunakan oleh departemen pendidikan Inggris dan dianggap sebagai perubahan pada pengajaran komputasi di sekolah, dengan penekanan besar pada ketrampilan pemrograman.

“Inisiatif seperti skema Raspberry Pi akan memberikan kesempatan pada anak untuk belajar dasar-dasar pemrograman. Ini adalah contoh yang bagus untuk pendidikan teknologi di Inggris,” kata Michael Gove.

Awalnya, model Raspberry Pi dijual seharga $35, namun harga yang lebih murah, $25 akan dijual akhir tahun ini.

Raspberry Pi berjalan menggunakan sistem operasi open source, Linux. Raspberry Pi juga dapat dihubungkan dengan ke monitor komputer biasa, dan tambahan port untuk menghubungkannya dengan mouse dan keyboard.

Seperti yang dikutip dari BBC, port ethernet juga tersedia di komputer mungil ini agar dapat memanfaaatkan koneksi internet maupun jaringan lokal.

Pendukung Raspberry berharap masyarakat membantu mengembangkan dan merekomendasikan pengembangan perangkat komputer mungil ini.

Sementara ini, produksi Raspberry dilakukan di luar Inggris terkait denga dua distrbutornya, Premier Farnell dan RS Component agar volume produksi dapat tumbuh lebih cepat dari pada yang diperkirakan sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda