Scroll to Top

Jeruk Bisa Mengurangi Resiko Stroke?

By C Novita / Published on Thursday, 01 Mar 2012

Jeruk mengurangi resiko stroke

Peneliti mengklaim bahwa jeruk dan grapefruit (sejenis jeruk, namun berukuran besar seperti jeruk bali) dapat mengurangi resiko stroke. Kedua buah tersebut baik dikonsumsi utuh maupun dalam bentuk jus di pagi hari.

Ini terjadi karena jeruk dan grapefruit mengandung zat antioksidan tertentu yang bernama flavanones.

Penelitian ini memang melibatkan ribuan wanita yang ikut dalam Studi Kesehatan Perawat di Amerika, namun juga dipercaya sama efeknya terhadap lelaki.

Memakan waktu hampir 14 tahun, 69.622 wanita tersebut melaporkan asupan makanan mereka termasuk rincian tentang konsumsi buah dan sayur setiap 4 tahun.

Fakta yang terlihat adalah wanita yang mengkonsumsi flavanones jumlah tinggi  dalam jeruk memiliki risiko 19 persen lebih rendah terkena stroke akibat darah yang membeku (iskemik) daripada wanita yang mengkonsumsi dengan jumlah yang sedikit.

Dibutuhkan sekitar 45mg flavanones sehari untuk mengurangi resiko stroke yang bisa didapatkan dari segelas jus jeruk.

Namun peneliti tersebut juga menegaskan bahwa mengkonsumsi jenis buah dan sayur lain sebagai bentuk diet seimbang akan sangat berpengaruh terhadap resiko stroke.

 

Sumber  Dailymail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda