Scroll to Top

Barcelona Sehari Tanpa Lionel Messi

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 02 Mar 2012

Akhir pekan ini, untuk pertama kalinya sejak 4 Januari 2012 —laga pertama tahun ini—- Barcelona bermain tanpa sosok Lionel Messi. Sang nomor 10 harus menjalani hukuman akumulasi kartu kuning.

Barcelona Tanpa Lionel Messi

Ada berkah tersendiri bagi Messi berkat hukuman ini. Pertama, untuk kedua kalinya dalam tahun ini, ia bisa beristirahat setelah selalu bermain dalam 16 pertandingan. Messi menjalani 8 laga di La Liga, 6 di Piala Raja,  1 di Liga Champions, dan 1 di ajang internasional.

Dalam 16 laga tersebut, Messi cuma sekali tampil tidak full dalam sebuah pertandingan, yaitu ketika Barcelona menyikat Osasuna 4-0 di ajang Piala Raja.

Nah, apa yang terjadi ketika Barcelona bermain tanpa Lionel Messi? Sepanjang musim 2011/2012, atau lebih tepatnya pada paruh akhir 2011, tercatat sudah tiga kali Messi tidak bermain untuk Barcelona. Dua di antaranya di ajang Copa del Rey, dan satu di Liga Champions.

Hebatnya, dalam tiga pertandingan itu, El Barca selalu menang. Bahkan, tanpa Messi, Blaugrana tetap mampu mencetak 14 gol dan tak pernah kebobolan. Berikut ini catatannya.

1. L’Hospitalet vs Barcelona 0-1

Ini adalah laga pertama Barcelona di Copa del Rey. Lawannya memang cuma L’Hospitalet, saudara sesama tim Catalan yang nasibnya bertolak belakang. Messi tidak hadir dalam laga ini karena mesti menjalani pertandingan internasional.

Dalam laga ini, El Barca cuma menang tipis 0-1 lewat gol tunggal Andres Iniesta. Formasi tiga penyerang saat itu diisi oleh Cesc Fabregas (diganti Rafinha Alcantara di pertengahan pertandingan)-David Villa-Cristian Tello.

2. Barcelona vs BATE Borisov 4-0

Laga ini adalah laga terakhir babak 32 besar Liga Champions. Barcelona tidak membutuhkan kemenangan apa pun untuk lolos ke perdelapan final. Tidak hanya Messi yang dicadangkan. Seluruh pemain utama dalam starting XI Barcelona tidak dimainkan demi menghadapi El Clasico.

Sebaliknya, para pemain Barcelona B diberi kesempatan untuk tampil.  Trio lini depan diisi oleh Pedro Rodriguez-Rafinha Alcantara-Isaac Cuenca. 4 gol berhasil dilesakkan para pemain belia. Pedro yang menjadi salah satu pemain tersenior dalam laga ini menyumbang 2 gol.

3. Barcelona vs L’Hospitalet 9-0

Menyimpan Lionel Messi terakhir kali dilakukan Pep Guardiola pada laga terakhir tahun 2011. Menghadapi L’Hospitalet, Pep mengizinkan para pemain non-Eropa untuk berlibur. Ia memilih untuk memakai trio Cesc Fabregas-Isaac Cuenca-Pedro Rodriguez.

Hasilnya, tanpa Messi, El Barca tetap trengginas. Mereka memborong 9 gol tanpa balas. Pedro mencetak 1 gol, dan Cuenca menambah 2 gol lain. Pemain muda Cristian Tello yang dimasukkan di babak kedua, mampu memborong 2 gol lain.

Kini, Messi tidak dimainkan bukan karena masalah laga internasional, pola mengistirahatkan pemain, atau demi liburan. Kita lihat seberapa tangguh El Barca tanpa penyerang yang sudah memberikan 28 gol bagi Blaugrana khusus di La Liga saja. Lawan yang dihadapi Barcelona sendiri cuma Sporting Gijon yang selalu kalah dalam sembilan laga terakhir di Camp Nou.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda