Scroll to Top

Thibaut Courtois Calon Pengganti Iker Casillas?

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 07 Mar 2012

Hampir 31 tahun. Usia Iker Casillas sudah tidak muda lagi. Sejak memulai debut sebagai kiper pengganti Bodo Illgner, Casillas telah sekian kali membela Real Madrid. Tercatat hingga laga menghadapi Espanyol yang dimenangi Los Blancos 5-0, Santo Iker sudah bermain 608 kali untuk Real Madrid.

Thibaut-Courtois

Umur Casillas yang sudah menapaki kepala tiga membuat para petinggi Real Madrid harus memutar otak. Siapa yang akan menggantikannya ke depan? Sejauh ini, belum ada kiper dari akademi sendiri yang benar-benar dicoba oleh Jose Mourinho atau Silvino Louro (pelatih kiper Real Madrid).

Memang ada Antonio Adan. Ia mendapatkan kesempatan untuk uji kebolehan di babak penyisihan grup Liga Champions dan 32 besar Copa del Rey. Namun, secara umum, Adan kurang mendapatkan porsi di tim utama.

Hingga kini, Adan baru bermain 352 menit. Padahal, Adan sudah berusia 24 tahun —kontras dengan Casillas yang di usia 19 tahun sudah menjadi kiper termuda yang berlaga di final Liga Champions—.

Kiper lain adalah Fernando Pacheco. Kiper bernomor punggung 31 ini baru berusia 19 tahun. Musim ini, baru sekali Pacheco bermain. Itu pun tidak lebih dari 9 menit.

Hal ini terjadi di babak 32 besar Copa del Rey kala Real Madrid menghadapi Ponferradina. Ketika itu Jose Mourinho memutuskan untuk mengganti Adan di menit 82. Jadilah laga tersebut sebagai laga debut sekaligus laga hiburan bagi eks kiper Real Madrid C.

Solusi terbaik, Real Madrid mesti menggunakan kebiasaan: membeli pemain. Sesuai filosofi baru Florentino Perez, membeli para pemain muda dari seluruh dunia untuk dimatangkan demi membentuk tim impian Los Blancos, calon kiper pengganti Casillas haruslah tak lebih dari 22 atau 23 tahun.

Pilihan itu kini datang pada sosok Thibaut Courtois. Kiper muda Belgia ini baru saja mengalami masa-masa menyenangkan bersama pelatih baru Atletico Madrid, Diego Simeone. Courtois tercatat sempat tak terbobol selama 648 menit pada musim pertamanya di Liga Spanyol. Rekor yang cukup apik untuk kiper kelahiran 1992.

Namun, bukan perkara mudah memboyong Courtois ke Santiago Bernabeu. Pertama, Courtois adalah aset berharga Chelsea (saat ini dipinjamkan ke Atletico). Pemain yang dibeli dengan harga 9 juta poundsterling, diproyeksikan untuk mengganti posisi Peter Cech. Kecuali sang bos Roman Abramovich mulai melupakan idenya melakukan peremajaan tim, kemungkinan Courtois hijrah ke Real Madrid sangat minim.

Real Madrid Thibaut Courtois

Masalah kedua, tentu fans Atletico Madrid. Meskipun sekarang statusnya hanyalah pemain pinjaman, Courtois terlanjur dicintai publik Vicente Calderon. Pindah ke klub rival hanya akan membakar perseteruan antara kedua klub.

Kita masih ingat musim lalu. Ketika itu, Sergio Aguero mulai membuka jalan untuk dikontak Real Madrid. Namun, akhirnya Los Blancos mundur. Aguero sendiri akhirnya pindah ke Manchester City; hal yang membuat fans Atletico tega membakar kostum mantan pemain kesayangan mereka.

Jadi, yakinkah Real Madrid bahwa Courtois akan ditaklukkan hatinya untuk bermukim di Bernabeu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda