Scroll to Top

Athletic Bilbao Klub Dengan Rata-Rata Pemain Berusia 23 Tahun

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 08 Mar 2012

Jika Barcelona Era Josep Guardiola mengandalkan para jebolan akademi La Masia, Athletic Bilbao musim ini tidak kalah memakai jasa para pemain muda. Skuad yang diasuh oleh pelatih Marcelo Bielsa dihuni pemain berusia rata-rata 23 tahun!

Athletic Bilbao

Pagi ini Athletic Bilbao akan mencoba peruntungan mereka di 16 besar Europa League. Lawan yang dihadapi bukanlah lawan sembarangan. Manchester United. Setan Merah tampil dalam tiga final Liga Champions pada empat tahun terakhir. Pasukan Sir Alex Ferguson juga tercatat untuk pertama kalinya berkubang di kasta kedua Eropa sejak Premier League digulirkan pada 1992.

Musim ini, SAF dipuja dengan keberaniannya memakai pemain muda. Bahkan, ada yang menjuluki bahwa inilah Fergie Babes Jilid II. Chris Smalling, Phil Jones, David de Gea, Danny Welbeck, hingga Tom Cleverley seolah menjadi penerus tongkat estafet Manchester United generasi Ryan Giggs yang muncul pada 1992.

Namun, belakangan toh Fergie tetap mencampurkan pasukan tua-muda. Misalnya dalam laga terakhir menghadapi Tottenham Hotspurs. Generasi tua seperti Rio Ferdinand dan Patrice Evra masih diberi kesempatan untuk menemani Jonathan Evans dan Phil Jones di lini pertahanan.

Sementara, gelandang di formasi terakhir United diisi Paul Scholes-Michael Carrick dan duo yang lebih muda meski sudah sangat matang, Ashley Young dan Nani.

Di depan kombinasi tua-muda juga terlihat. Wayne Rooney diduetkan dengan Danny Welbeck.

Kini, tantangan hadir dari Athletic Bilbao yang bagaikan “kembaran” Manchester United era pertengahan 1990-an; diisi pemain-pemain berusia kurang dari 24 tahun.

Tengoklah pemuda bernama Iker Muniain. Calon pemain terbaik Spanyol ini masih berusia 19 tahun. Namun, Marcelo Bielsa sudah menempatkannya sebagai penyerang sayap.

Muniain dijadikan teman Fernando Llorente sang penyerang kesayangan Bilbao. Usia Llorente pun masih 27 tahun; hal yang membuat Real Madrid memimpikannya untuk bergabung ke Santiago Bernabeu

Bergerak ke lini tengah, Bilbao bisa membuat Barcelona sekalipun, sedikit iri. Di sini ada Oscar de Marcos yang masih berusia 22 tahun. Markel Susaeta masih 24 tahun. Sosok lain adalah Ander Herrera yang umurnya 22 tahun. Tak lupa, gelandang yang tengah ramai dibicarakan Javi Martinez. Ia baru 23 tahun.

Lini belakang tak kalah mengagumkan. Palang pintu Mikel San Jose saat ini 22 tahun. Tandemnya adalah Fernando Amorebieta yang usianya 26 tahun. Posisi full back diisi kombinasi junior dan senior. Ada Andoni Iraola yang usianya 29 tahun di sisi kanan. Sementara, di sisi kiri Jon Aurtenetxe yang masih 20 tahun siap bertarung.

Alhasil, satu-satunya pemain berkepala tiga di Bilbao adalah sang kiper kenyang pengalaman, Gorka Iraizoz. Pemain kelahiran 6 Maret 1981 ini siap memberi kado indah untuk ulang tahun ke-31-nya di Old Trafford.

Siapa yang akan memenangkan laga pertama Manchester United vs Athletic Bilbao? Apakah pasukan SAF yang rekor tak terkalahkan di Eropa mereka baru saja rusak? Ataukah Bielsa Babes yang dalam dua laga tandang terakhir di Eropa selalu menelan kekalahan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda