Scroll to Top

Cristian Tello Calon Bintang Masa Depan Barcelona Berikutnya?

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 09 Mar 2012

Kemenangan Barcelona atas Bayer Leverkusen 7-1 pertengahan pekan ini menyisakan sebuah ketidakadilan pada seseorang. Semua pencinta sepakbola di dunia seolah hanya membicarakan Lionel Messi, Messi, dan Messi lagi dengan catatan lima golnya. Ya, Messi memang menjadi pemain pertama yang mencetak 5 gol di Liga Champions.

Cristian Tello

Namun, jangan lupakan seorang Cristian Tello. Pemuda 20 tahun ini mencetak 2 gol dalam laga debutnya di kompetisi terbaik tingkat Eropa!

Awal karier Cristian Tello sendiri tidak terlalu menyenangkan. Lionel Messi memang sempat ditawar Glasgow Rangers. Bahkan, asisten Frank Rijkaard sempat tertarik melepas sang nomor 10 karena faktor tubuh yang kecil. Namun, pada akhirnya Barcelona mengurungkan niat dan lebih suka mempertahankan sang mesiah di Camp Nou.

Lain cerita dengan Tello. Produk akademi Barcelona ini tidak diperpanjang kontraknya pada musim 2008. Alhasil, Tello sempat pindah dan menjalani hidup di Espanyol B. Dasarnya tidak cocok, Tello gagal berkembang di klub tersebut. Sang penyerang sayap cuma tampil 4 kali dan mengemas 1 gol. Di akhir musim 2009/2010, Espanyol B malah terdegradasi dari Segunda Division B ke Tercera Division.

Tak mendapatkan tempat di Espanyol, Tello kembali ke Barcelona B pada musim panas 2010. Butuh waktu setahun baginya untuk memaksimalkan kesempatan kedua bersama Barcelona. Namun, kali ini kesempatan itu tak lagi disia-siakan lagi.

Cristian Tello memulai debutnya di tim A ketika Barcelona bertandang ke markas L’Hospitalet, sesama klub Catalan, di babak 32 besar Copa del Rey. Dalam laga tersebut, Tello mendapatkan kepercayaan penuh dari Pep Guardiola untuk bermain full 90 menit.

Gol pertama Tello untuk Barcelona lahir pada laga menghadapi klub yang sama. Kali ini dalam laga kandang. El Barca mencukur L’Hospitalet 9-0 dan Tello mengoyak gawang lawan dua kali.

Sejak saat itulah Pep Guardiola mulai menemukan sesuatu yang unik dari sang pemain sayap berusia 20 tahun. Tello bisa jadi menjadi penemuan tercemerlang Pep tahun 2011 selain Isaac Cuenca.

Dua gol kembali dihadirkan Tello. Bahkan, peran golnya cukup vital. Gol pertama pemain muda ini di La Liga dicetak ketika Barcelona mengandaskan Real Sociedad 2-1. Gol keduanya tercipta ketika El Barca kalah 3-2 dari Osasuna. Gol Tello sempat menghidupkan harapan Barcelona yang sempat tertinggal 2-0 di babak pertama.

Terakhir, Tello kembali menyumbang 2 gol sekaligus ketika Bayer Leverkusen digunduli 7-1 di Camp Nou.

Yang menarik adalah catatan pertandingan Tello. Ia baru bermain dalam 10 laga dan sudah mengoleksi 6 gol. Jika diambil rata-rata gol permenit, Tello mengemas satu gol setiap 64,5 menit. Jumlah ini bahkan lebih baik daripada Lionel Messi yang mencetak satu gol setiap 75 menit!

Jadi, ada yang salah jika kita menyebutkan Cristian Tello sebagai bintang masa depan Barcelona?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda