Scroll to Top

Wikipedia Pindah Hosting Domain dari GoDaddy ke MarkMonitor

By Ibnu Azis / Published on Sunday, 11 Mar 2012

Wikipedia pindah hosting

Media sosial Wiki, Wikipedia, dikabarkan telah berpindah hosting. Mereka hijrah dari GoDaddy menuju ke MarkMonitor.

Secara resmi perpindahan ini melalui ‘musyawarah’ hingga berbulan-bulan. Dan pada Jumat, 9 Maret 2012, waktu setempat, secara resmi perpindahan ini terjadi.

Selama proses perndahan hosting dan domain, Wikipedia tidak mengalami gangguan yang berarti. Prosesnya sesuai prosedur dan tidak menimbulkan masalah pada situs.

Lantas apa alasan Wikipedia berpindah ‘hati’ dari GoDaddy ke MarkMonitor?

Menurut Wikipedia Foundation, GoDaddy tidak cocok dalam memenuhi kebutuhan domain mereka. Entah apa maksud kata ‘tidak cocok’ tersebut.

Sejak bulan Desember 2011, Wikipedia Foundation telah berburu domain sebagai alamat mereka di internet.

Namun ditengarai putusnya hubungan Wikipedia dengan GoDaddy ditengarai atas dukungan penyedia hosting dan domain tersebut atas SOPA PIPA.

Bukan menjadi rahasia umum jika Wikipedia sangat menentang SOPA PIPA. Bahkan mereka sempat membuat gerakan Black Out Day.

Setelah melalui riset dan penjajakan, tim Wikipedia Foundation akhirnya memutuskan MarkMonitor adalah sebagai partner yang tepat dalam kerjasama mereka.

“Kami telah sangat terkesan dengan MarkMonitor ke titik ini dan kami yakin kami telah menempatkan portofolio domain Wikimedia di tangan kompeten”, ujar Michelle Paulson, Penasehat Hukum Wikipedia Foundation.

MarkMonitor adalah perusahaan penyedia domain dan hosting yang ber-home based di San Francisco, Amerika Serikat dan memiliki pengalaman segudang dalam lalu-lintas domain.

Nantinya MarkMonitor akan membatu Yayasan Wikipedia dalam memantau semua domain global serta semua sub domain di seluruh dunia.

Dan bahkan MarkMonitor menurut Wikipedia akan memberikan fitur kemanan tambahan dalam pengelolaan domain mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda