Scroll to Top

Racing Santander vs Barcelona 0-2: Dua Gol Lionel Messi

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 12 Mar 2012

Lionel Messi, Lionel Messi lagi, dan lagi-lagi Lionel Messi. Gol demi gol dihadirkannya untuk Barcelona. Termasuk sepasang gol yang dilesakkannya ke gawang Racing Santander untuk memastikan El Barca tetap terpaut 10 angka dari pemimpin sementara, Real Madrid.

Lionel Messi 5

Musim ini, cuma sedikit jadwal yang memaksa Barcelona mesti melakoni laga setelah Real Madrid. Itu pun biasanya membawa pertanda tidak baik. Masih ingat ketika Villarreal menahan imbang Blaugrana 0-0 di El Madrigal? Laga kala itu terjadi dua jam setelah Real Madrid menyelesaikan pertandingan. Kini dalam duel yang terpaut 20 jam dari sang rival abadi, kutukan itu mulai lenyap.

Barcelona seolah ingin memamerkan jebolan akademi mereka. Sembilan dari 11 pemain dalam starting XI diisi oleh produk binaan sendiri. Cuma Dani Alves dan Javier Mascherano yang statusnya bukan pasukan La Masia.

Bermain dalam pertandingan yang sepenuhnya mereka dominasi, Barcelona membutuhkan 29 menit untuk memperdayai kiper Racing Santander, Mario.
Di awal-awal laga, sang kiper sempat melakukan penyelamatan penting atas tendangan bebas sang nomor 10. Namun, menyaksikan beberapa percobaan para pemain Barcelona, termasuk tembakan Andres Iniesta yang membentur mistar, gol tinggal menunggu waktu.

Gol pertama bermula dari aksi Xavi Hernandez. Menghindari penjagaan para bek Santander, dalam keadaan sulit sang jenderal lapangan berhasil mengirimkan umpan chip kepada Cesc Fabregas. Mantan kapten Arsenal segera melepaskan umpan ke tengah kotak penalti dan Lionel Messi dengan tepat menyambar bola. 0-1 di menit 29.

Tertinggal 0-1 di babak pertama, Alvaro Cervera, pelatih anyar Racing Santander, memasukkan darah segar. Christian Stuani yang sudah mengemas 6 gol dimasukkan untuk mengganti Khouma Babacar. Alih-alih mencetak gol, Racing kembali terkoyak oleh Lionel Messi.

Upaya Domingo Cisma menahan laju Cesc Fabregas di kotak terlarang dinilai sebagai pelanggaran; dan wasit menunjuk titik putih. Melupakan trauma saat penaltinya ditepis oleh Diego Alves, tanpa kesalahan Messi sukses menjadi algojo penalti di menit 59.

http://www.youtube.com/watch?v=8x2_yRYkt7M

Unggul 0-2 tidak membuat Barcelona mengendurkan serangan. Dengan ball possessions lebih dari 70% cuma kesialan  yang membuat Lionel Messi tidak bisa menciptakan gol ketiganya dini hari tadi.

Tambahan 2 gol membuat Messi tetap konsisten mengejar Cristiano Ronaldo yang sekarang berada di puncak top skorer Liga Spanyol dengan 32 gol. Sementara, bagi Racing, kekalahan 0-2 ini semakin membenamkan posisi mereka di zona degradasi.

Santander Barcelona
1(0) Tembakan (Tembakan ke Gawang) 23(8)
21 Pelanggaran 14
3 Tendangan Sudut 6
5 Offsides 2
26% Ball Possession 74%
6 Kartu Kuning 0
0 Kartu Merah 0
6 Penyelamatan 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda