Scroll to Top

Ini Dia Para Penyerang Top Dunia Yang “Beralih Profesi” Sebagai Kiper

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 14 Mar 2012

Aksi Lionel Messi yang menjadi kiper saat latihan bersama Barcelona, menjadi perhatian dunia sehari lalu. Berkat unggahan Carles Puyol di twitter, banyak yang semakin mengidolakan sang mesiah. Maklum, Messi terlihat begitu tangkas dalam foto yang ditampilkan Puyol. Ia terbang untuk menepis sebuah tendangan layaknya seorang kiper berpengalaman.

Lionel Messi 6 (2)

Namun, sejatinya, menjadi seorang kiper dalam latihan bukanlah hal baru di dunia sepakbola. Bahkan, para pemain terbaik dunia seolah memiliki tradisi untuk turut merasakan beratnya menjadi kiper. Para pemain ini, yang sering menjadi teror penjaga gawang, kini harus berurusan dengan beratnya menepis atau menangkap bola tembakan rekan-rekannya dalam sesi latihan; atau bisa dikatakan, beralih profesi sejenak. Dari Pele hingga Ronaldo si tonggos pernah menjajal posisi “asing” ini. Berikut ini beberapa foto yang diambil dari harian Marca.

1. Pele

Raja sepakbola sepanjang masa, terutama dengan tiga gelar Piala Dunianya. Pele mencetak lebih dari seribu gol sepanjang karier. Pele yang menjadi pemain termuda yang tampil di Piala Dunia (pada tahun 1958) tidak sungkan-sungkan menjadi kiper. Dalam gambar di bawah ini, ia tidak kalah bukan, dengan Gianluigi Buffon, dalam urusan kesigapan?

Pele

2. Johan Cruyff

Siapa yang tidak mengenal kecerdasan Cruyff dalam mengatur strategi dalam menggempur pertahanan lawan? Cruyff menjadi ikon penting Belanda, Ajax, dan Barcelona di akhir dekade 1960-an hingga 1970-an. 368 gol sudah dibukukan sang maestro dalam kariernya. Namun, Cruyff tidak alergi untuk mencoba posisi penjaga gawang. Ini dia salah satu aksinya yang tampak begitu tangguh dalam menangkap bola.

Johan Cruyff

3. Diego Armando Maradona

Dewa Argentina. Maradona mengemas 311 gol sepanjang karier profesionalnya. Sang nomor 10 hanya bermain di tujuh klub berbeda sepanjang kariernya. Yang paling berkesan bagi dunia, tentu ketika ia berada di Barcelona dan Napoli. Di tingkat internasional, Maradona sukses mengantarkan Argentina menjuarai Piala Dunia 1986. Lagi-lagi, seperti dua koleganya di atas, pria kelahiran 1960 tidak segan menjadi seorang kiper. Lihat saja aksinya ini.

Diego Maradona

4. Raul Gonzalez

Pangeran Bernabeu yang hingga kini masih ditakuti oleh lawan-lawannya. Raul bukan tidak mungkin akan mencetak 450 gol sepanjang karier. Pahlawan sejati Real Madrid di El Clasico, juga pernah mencoba untuk menjadi kiper. Namun, dibandingkan dengan gaya tiga pendahulunya, aksi Raul dalam jepretan foto ini kurang meyakinkan.

Raul

5. Ronaldo

Ini dia Ronaldo yang asli, demikian kata pencinta sepakbola era 1990-an. Si tonggos pernah menguasai Eropa dengan menjadi top skorer di tiga liga berbeda, Eredivisie (Liga Belanda), Serie-A (Liga Italia), dan La Liga (Liga Spanyol). Urusan menjaga gawang, Ronaldo pernah menjajalnya ketika berada di Real Madrid. Namun, fotonya berikut ini membuat kita agak ragu jika menunjuk Ronnie sebagai kiper, kalau-kalau penjaga gawang utama diberi kartu merah; dan sudah terjadi tiga pergantian pemain.

Ronaldo

(Marca)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda