Scroll to Top

Cesar Rodriguez Sang Top Skorer Barcelona Sepanjang Masa

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 14 Mar 2012

57 tahun berlalu sejak Cesar Rodriguez mencetak gol terakhirnya untuk Barcelona. Sudah 57 tahun pula para penyerang papan atas dunia yang masuk ke klub asal Catalan tak mampu menyaingi catatan yang dibuat oleh pemain kelahiran 29 Juni 1920.

Cesar Rodriguez

Cesar Rodriguez yang lahir di Leon, Spanyol, memulai kariernya di tahun 1939, ketika berusia 19 tahun. Di tengah deru Perang Dunia II, Rodriguez harus menahan gelora mengenakan kostum Barcelona selama tiga tahun. Ia memang milik Barcelona. Namun, rezim militer saat itu memutuskan untuk meletakkan Cesar di Granada. Otomatis, ia harus bermain pula untuk klub setempat, Granada CF, dengan status pemain pinjaman.

Di Granada, Cesar Rodriguez membuka mata publik sepakbola Spanyol. Ia membawa Granada untuk pertama kalinya lolos ke Primera Division pada musim 1940/1941.

Musim berikutnya, Cesar Rodriguez semakin membuat Barcelona sadar akan potensi penyerang maut ini. Meskipun Granada cuma duduk di posisi 10 (dari 14 klub), Rodriguez mampu membukukan 23 gol dalam 24 pertandingan. Yang paling sensasional tentu ketika Cesar Rodriguez mampu mengemas 6 gol dalam satu pertandingan. Rekor ini dicatatnya saat Granada menghajar CD Castellon 7-3.

Tidak ada alasan lain. Barcelona harus mendapatkan pemain ini kembali. Cesar Rodriguez pun resmi memakai seragam Barcelona sejak musim 1942/1943. Debutnya begitu istimewa. Di laga pertama musim tersebut, Barcelona mampu menggebuk Real Madrid 0-3 di Estadio Chamartin, kandang Real Madrid saat itu.

Sejak laga debutnya, Cesar Rodriguez menjadi penambang gol Barcelona. 13 musim dilaluinya bersama pasukan Catalan. Tercatat ada tiga musim ketika Rodriguez mampu membukukan rata-rata 1 gol lebih dalam sebuah pertandingan.

Musim 1947/1948, ia mengemas 19 gol dari 19 pertandingan. Musim 1948/1949 lebih spektakuler lagi. Tampil penuh dalam 24 pertandingan, Cesar mampu mencetak 28 gol!

Kesaktian terakhirnya terjadi pada musim 1950/1951. Di usia 31 tahun, Cesar masih bisa mengoyak gawang lawan 29 kali hanya dalam 27 penampilan.

Bersama Blaugrana, Cesar Rodriguez juga memboyong gelar demi gelar. Tercatat Barcelona menjuarai La Liga lima kali, Copa del Rey tiga kali, 2 gelar Latin Cup, 1 gelar Piala Emas, dan 3 Copa Eva Duarte (pendahulu Piala Super Spanyol). Satu gelar pichichi La Liga didapatkannya pada musim 1948/1949.

235 gol. Sejumlah gol itulah yang dibukukan Cesar Rodriguez. Rekor gol terbanyak pemain Barcelona dalam pertandingan resmi.

Capaian tersebutlah yang kini terus diketuk seorang anak kecil bernama Lionel Messi. 6 gol lagi, Messi akan melewati catatan spektakuler ini dalam jumlah laga yang lebih sedikit. Cesar Rodriguez membukukan 235 gol dalam 351 pertandingan, sementara sang mesiah kini mencatat 230 gol dari 312 laga. Mampukah sang mesiah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda