Scroll to Top

Hasil Akhir F1 GP Australia : Jenson Button Sukses Di Balapan Perdana

By Rheza Fadhlillah / Published on Sunday, 18 Mar 2012

Jenson-button-win-Australian-Gp-first-podium

Memulai balapan dengan baik, Jenson Button memastikan kemenangan perdananya pada seri pertama ajang Formula Satu musim 2012 di Sirkuit Albert Park, Melbourne, Australia.

Tanda-tanda kemenangan bagi Button sudah terlihat sejak awal saat ia mampu mengatasi rekan satu timnya, Lewis Hamilton, yang memulai balapan dari posisi pole untuk menduduki posisi pimpinan lomba.

Duo Mclaren terlihat tangguh di grup terdepan pada beberapa putaran berselang. Namun Sebastian Vettel yang memanfaatkan momen keluarnya Safety Car untuk melakukan pit stop, secara mengejutkan menggeser posisi Hamilton ke posisi tiga.

Posisi tersebut tidak berubah hingga putaran terakhir dan Button berhak keluar sebagai juara seri perdana diikuti Vettel di posisi kedua dan Hamilton harus puas berada di posisi ketiga.

Mark Webber menjaga posisi keempat untuk Red Bull, Sementara Fernando Alonso yang berhasil keluar dari tekanan yang di berikan oleh Pastor Maldonado menjadi satu-satunya pembalap Ferrari yang menyentuh garis finis.

Malang bagi Maldonado, akibat terlalu bernafsu untuk melewati Alonso, ia kehilangan kendali mobilnya dan berakhir di tembok sirkuit Albert Park pada putaran terakhir. Pembalap jepang dari tim Sauber, Kamui Kobayashi, pun mendapat keuntungan atas hal itu dan finis di posisi enam.

Di posisi tujuh ada Kimi Raikonen yang melakukan come back dari posisi 18 saat start. Di belakang Raikonen ada pembalap Sauber lainnya, Sergio Perez, yang finis kedelapan, juga Daniel Ricciardo dan Paul Di Resta yang melengkapi posisi sepuluh besar.

Selain Maldonado, nasib sial juga di alami oleh juara dunia tujuh kali Michael Schumacher yang keluar lebih awal akibat kerusakan transmisi. Ada juga Romain Grosjean yang mengalami patah suspensi akibat bersenggolan dengan Maldonado di awal lomba.

Felipe Massa yang berjibaku dengan kompatriotnya, Bruno Senna, pun masuk ke dalam daftar pembalap yang gagal finis pada balapan kali ini.

Ketatnya peta persaingan yang mewarnai seri perdana Formula Satu musim 2012 membawa senyum puas bagi beberapa penggemar balap jet darat ini. Setidaknya kekhawatiran akan balapan yang membosankan dan monoton seperti tahun lalu mulai menghilang setelah menyaksikan balapan kali ini.

Red Bull tidak lagi sendiri berlari di depan. Ada Mclaren, Mercedes, dan Lotus Renault yang siap mengancam posisi mereka sebagai juara bertahan. Belum lagi kemungkinan bangkitnya Ferrari memasuki pertengahan musim nanti.

Jadi sekiranya balapan di Sepang, Malaysia yang akan berlangsung pada tanggal 25 Maret mendatang layak dan patut untuk ditunggu.

Klasifikasi GP Australia 2012:

  1.  Button McLaren-Mercedes 1h34:09.565
  2.  Vettel Red Bull-Renault + 2.100
  3.  Hamilton McLaren-Mercedes + 4.000
  4.  Webber Red Bull-Renault + 4.500
  5.  Alonso Ferrari + 21.500
  6.  Kobayashi Sauber-Ferrari + 36.700
  7.  Raikkonen Lotus-Renault + 38.000
  8.  Perez Sauber-Ferrari + 39.400
  9.  Ricciardo Toro Rosso-Ferrari + 39.500
  10.  Di Resta Force India-Mercedes + 39.700
  11.  Vergne Toro Rosso-Ferrari + 39.800
  12.  Rosberg Mercedes + 57.600
  13.  Maldonado Williams-Renault + 1 lap
  14.  Glock Marussia-Cosworth + 1 lap
  15.  Pic Marussia-Cosworth + 2 laps
  16.  Senna Williams-Renault + 4 laps

Retirements :

  • Massa Ferrari 47
  • Kovalainen Caterham-Renault 42
  • Petrov Caterham-Renault 37
  • Schumacher Mercedes 11
  • Grosjean Lotus-Renault 2
  • Hulkenberg Force India-Mercedes 1
  • Karthikeyan HRT-Cosworth 1
  • De la Rosa HRT-Cosworth 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda