Scroll to Top

Inilah Laptop Gaming Berpendingin Air

By Ditya / Published on Wednesday, 21 Mar 2012

Water Cooling

Komputer desktop menggunakan pendingin air (water cooling) mungkin adalah hal yang biasa, namun laptop gaming dengan pendingin air? Ini baru luar biasa.

Water cooling untuk laptop gaming ini di demokan oleh Asetek. Asetek adalah perusahaan yang bergerak dibidang solusi pendinginan laptop/komputer menggunakan liquid cooling atau water cooling.

Asetek telah memulai debutnya untuk solusi pendinginan laptop menggunakan cairan (water cooling) untuk laptop gaming, sistem workstation dan All-In-One (AIO) PC.

Ole Madsen, representatif Asetek mengatakan bahwa tantangan mendasar untuk menyediakan solusi water cooling adalah kurangnya ruang dan sistem pendinginan yang tepat.

Seperti yang dikutip dari TGDaily, Ole Madsen juga mengatakan, laptop berpendingin cair yang ada saat ini tidak menawarkan kinerja yang signifikan dibanding pendinginan menggunakan heat-pipe dan heatsink.

“Kami telah berhasil memecahkan kode untuk meningkatkan kinerja akustik dan pendinginan di notebook tanpa harus memakan banyak tempat,” kata Ole Madsen.

Teknologi Asetek ini telah dipatenkan, solusi ini memungkinkan pemanfaatan yang lebih baik dari modul pendinginan CPU dan GPU. Asetek menggunakan teknologi coldplate yang dioptimalkan.

Asetek mendemokan teknologi pendingin cair (water cooling) baru tersebut pada laptop gaming Alienware M18x dengan prosesor yang telah di-overclock dari 3,5GHz ke 4,4GHz dan grafis juga di-overclock dari 680MHz ke 800Mhz.

Alienware M18x ini berhasil meningkatkan performa hingga 23% di benchmark 3D Mark Vantage karena overclock. Water cooling baru Asetek mampu mengurangi panas signifikan serta mengurasngi berisiknya bunyi kipas.

Anda penasaran dengan water cooling baru dari Asetek? Simak video berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda