Scroll to Top

Inilah Printer 3D yang bisa Mencetak Benda 3 Dimensi

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 21 Mar 2012

Printer 3DMungkin cerita berikut mirip kisah fiksi ilmiah.

Namun video yang dibuat oleh National Geographic menunjukkan proses yang luar biasa dan merupakan sebuah fakta ilmiah.

David Kaplan, seorang fisikawan dari Johns Hopkins University mengunjungi sebuah perusahaan yang bernama Z Corperation di Burlington, Massachusetts, Amerika Serikat.

Perusahaan ini memiliki spesialisasi dalam produk mesin printing. Dan produk mesin printer-nya kali ini bukan mesin printing biasa.

Printer ini mampu mencetak benda dalam tiga dimensi. Benda apa saja dapat dicetak. Dan benda tersebut nampak seolah-olah ‘hidup’.

Printer 3D_1

Proses mencetaknya sangat sederhana. Pertama-tama, sebuah benda (kunci pas) dipindai terlebih dahulu pada sebuah mesin pemindai dan ditransfer ke dalam komputer.

Printer 3D_2

Kemudian, setelah transfer foto selesai, maka proses mencetak dimulai. Printer ini tidak mengunakan tinta melainkan dengan material komposit yang direkayasa secara khusus.

Printer 3D_3

Dengan bahan material komposit yang direkayasa secara khusus ini nanti benda yang dicetak akan dalam bentuk ‘bubuk’ yang kemudian terikat dengan resin.

David Kaplan mengatakan, dengan printer ini, kita dapat ‘mencetak benda apa saja’ yang diinginkan. Berikut penampakan printer tiga dimensi tersebut.

http://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=pQHnMj6dxj4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda