Scroll to Top

Mesut Ozil 12 Asisst Sepanjang Tahun 2012

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 24 Mar 2012

Mesut Ozil memang tak akan membantu Real Madrid dalam laga penting menghadapi Real Sociedad akhir pekan ini. Kartu merah yang diterimanya pada Kamis lalu saat Los Blancos dijamu Villarreal memaksa Ozil tak bisa tampil dalam satu pertandingan. Ozil kedapatan bertepuk tangan menyindir wasit Paradas Romero yang berdiri tepat di depannya.

Mesut Ozil

Sepanjang kariernya di Real Madrid, Ozil mendapatkan dua kartu merah; dua-duanya didapatkan musim ini. Meski dari segi kedisiplinan, sang nomor 10 tengah merosot, ada yang jauh lebih layak dibanggakan darinya. Ya, saat ini Ozil menjadi pemberi assist terbanyak bagi Real Madrid; sebuah hal yang sangat “mustahil” jika kita melihat perjalanan pemain internasional Jerman pada awal musim.

Musim ini bermuka dua bagi Ozil. Pertengahan musim pertama bagaikan neraka untuknya. Sering tampil di bawah performa terbaik, cuma 7 assist yang disodorkannya untuk penyerang Real Madrid. 5 di Liga, dan 2 di Copa del Rey. Hasil yang sangat kurang dibandingkan dengan 24 assist yang diberikannya di semua kompetisi musim lalu.

Jose Mourinho sampai-sampai merasa perlu memberi ultimatum kepada Ozil atas penampilannya yang menurun. Muncul pula dugaan, jangan-jangan Ozil terkena kutukan nomor 10 yang sering menghinggapi awak Real Madrid yang mengenakannya.

Tertekan sedemikian rupa, Ozil bangkit di paruh kedua musim 2011/2012. Hingga saat ini, sepanjang tahun 2012, sudah 12 assist yang diberikannya: 9 di Liga, 2 di Copa del Rey, dan 1 di Liga Champions. Artinya, sudah ada 19 assist yang dibuatnya musim ini.

Alhasil, namanya yang dianggap sebagai “pelengkap” di lini tengah, berubah menjadi ruh permainan Los Blancos. Ozil mengungguli Angel Di Maria yang mengoleksi 13 assist, yang semuanya dibuat di La Liga.

Ada kalanya assist-assist Ozil benar-benar menjadi kunci kemenangan Real Madrid. Seperti, tendangan pojoknya yang dikonversi dengan sempurna oleh Sergio Ramos dalam kemenangan penting Los Blancos 0-1 atas Getafe pada 5 Februari 2012.

Kalau tidak, menyelamatkan tim. Sebuah umpan tumitnya kepada Cristiano Ronaldo membawa  Madrid memetik satu poin dari Villarreal pertengahan pekan lalu.

Kini, ujian datang bagi Los Blancos. Mampukah mereka mencari sosok pengganti Ozil akhir pekan ini saat melawan Real Sociedad?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda