Scroll to Top

Jose Mourinho Mempunyai Sejarah Positif Setelah Dua Hasil Imbang Beruntun

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 24 Mar 2012

Madridistas tak perlu khawatir dengan dua hasil imbang yang didapatkan Los Blancos secara beruntun. Dalam sejarahnya menangani Internazionale dan Real Madrid, Jose Mourinho terbukti cukup tahu apa yang dibutuhkan klubnya setelah dua laga tak menyenangkan.

Real Madrid vs Real Sociedad

Tercatat, sejak menukangi Internazionale pada musim 2008/2009, Jose Mourinho sudah lima kali dihadapkan pada keadaan klubnya mengalami rentetan dua hasil seri. Dalam lima kesempatan itu, cuma sekali saja The Special One gagal membawa klubnya meraih poin pada pertandingan ketiga pasca dua laga imbang.

Catatan pertama terjadi pada musim 2008/2009. Internazionale ditahan imbang Genoa 0-0 pada 26 Oktober 2008. Kemudian, skor kaca mata kembali diperoleh saat melawat ke kandang Fiorentina tiga hari kemudian. Ketika semestinya klub frustrasi karena dua kali cuma mendapatkan satu poin, Internazionale tidak demikian. Berkat tangan dingin Mou, pada pertandingan ketiga, Nerazzuri mampu menang 2-3 atas tuan rumah Reggina pada 1 November 2008.

Oct 26     Internazionale 0-0 Genoa (S)
Oct 29     Fiorentina    0-0 Internazionale (S)
Nov 1     Reggina 2-3 Internazionale (M)

Catatan berikutnya datang pada musim yang sama. 24 Februari, dalam 16 besar Liga Champions 2008/2009, Internazionale bermain imbang 0-0 dengan Manchester United. Seminggu kemudian, Nerazzuri kembali memetik satu angka saat berhadapan dengan AS Roma di Serie A dengan skor 3-3. Namun, kali ini, di laga ketiga, Inter tumbang. Mereka dihajar tuan rumah Sampdoria 3-0 dalam ajang Coppa Italia pada 4 Maret 2009. Yang perlu diperhatikan, ini adalah kali terakhir Mou gagal meraih poin setelah dua laga imbang.

Feb 24     Internazionale 0-0 Manchester United (S)
Mar 1     Internazionale 3-3 AS Roma (S)
Mar 4     Sampdoria 3-0 Internazionale (K)

Catatan ketiga, masih terjadi pada musim 2008/2009. Kali ini terjadi pada bulan April. Inter cuma bisa bermain imbang dengan Palermo 2-2 di Giuseppe Meazza pada 11 April 2009. Seminggu kemudian, masih di kompetisi domestik, lagi-lagi Nerazzuri memetik satu angka. Kali ini kala bertandang ke markas Juventus 1-1. Pada pertandingan ketiga, Mou sukses membawa timnya menang atas Sampdoria 1-0. Sayang kemenangan ini tidak cukup meloloskan Inter ke Final Coppa Italia karena sebelumnya Inter dibekap 3-0 di kandang lawan.

Apr 11     Internazionale 2-2 Palermo (S)
Apr 18     Juventus 1-1 Internazionale (S)
Apr 23     Internazionale 1-0 Sampdoria (M)

Catatan keempat terjadi pada musim 2009/2010, musim terakhir Mou di Inter. Pertengahan Februari menjadi muara seri pasukan Nerazzuri. Mereka beruntun ditahan imbang Parma 1-1 dan Napoli 0-0 dalam laga tandang. Kesempatan menang datang di pertandingan ketiga setelah dua laga seri beruntun. Namun, kali ini Mou harus cukup puas memetik hasil imbang lagi ketika menjamu Sampdoria 0-0 pada 20 Februari.

Feb 10     Parma 1-1 Internazionale (S)
Feb 14     Napoli 0-0 Internazionale (S)
Feb 20     Internazionale 0-0 Sampdoria (S)

Catatan kelima, adalah satu-satunya catatan selama di Real Madrid. Ya, dalam hampir dua tahun berkuasa di Santiago Bernabeu, belum pernah Mou dihadapkan dengan kejadian seperti ini —dua laga imbang— kecuali pada musim lalu; di akhir Februari. Ketika itu, Lyon mampu mengimbangi Los Blancos 1-1 di Liga Champions. Lalu, Deportivo La Coruna menahan seri mereka di Riazor. Kali ini, di pertandingan ketiga, Cristiano Ronaldo dkk. muak dengan hasil 1 angka. Mereka menghancurkan Malaga 7-0.

Feb 22     Lyon 1-1 Real Madrid     (S)
Feb 26     Deportivo La Coruña 0-0 Real Madrid (S)
Mar 3     Real Madrid 7-0 Málaga (M)

Melihat sejarah di atas, peluang Real Madrid era Jose Mourinho untuk kembali memetik kemenangan setelah dua laga imbang, terbuka lebar. Apalagi esok hari, pasukannya cuma akan menjamu Real Sociedad, yang pada pertandingan pertama dibekap 0-1. Menang akan mengobati semangat Los Blancos untuk terus menjaga 6 angka dari Barcelona. Kalau perlu, seperti tahun lalu ketika menggelontor Malaga 7-0.

Meskipun sang pelatih tak bisa menemani klub karena hukuman saat melawan Villarreal, spirit Jose Mourinho bisa jadi akan merembet ke seluruh awak Real Madrid.

Mar 18     Real Madrid 1-1 Málaga (S)
Mar 21     Villarreal 1-1 Real Madrid (S)
Mar 24    Real Madrid vs Real Sociedad ???

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda