Scroll to Top

Wanita Ini Menerima Transplantasi Wajah Setelah Diserang Simpanse

By Ibnu Azis / Published on Saturday, 24 Mar 2012

Wanita dengan transplantasi wajah_1

Charla Nash telah kehilangan bibir, hidung, dan salah satu tangannya. Pada tahun 2009 silam, ia menjadi korban seekor simpanse yang mengamuk.

Wanita berumur 58 tahun ini akhirnya harus menjalani transplantasi wajah untuk memulihkan kondisi wajahnya. Ia harus menerimanya untuk mendapatkan wajahnya pulih seperti sedia kala.

“Saya merasa, ini seperti wajah saya. Hanya saja sepertinya tidak bekerja dengan baik,” papar Charla Nash.

Charla Nash seorang ibu tunggal yang tinggal di Stamford, Connecticut, Amerika Serikat saat ini sedang mencoba untuk menggerakkan kembali otot-otot wajahnya.

“Hari demi hari, otot-otot saya mengalami perkembangan yang lebih baik daripada sebelumnya. Meski tidak dapat mengembalikan wajah saya sempurna seperti sedia kala,” imbuhnya.

Charla Nash merasa telah memiliki kehidupan baru dari wajah barunya. Ia seperti terlahir kembali. Dapat menikmati makanan favoritnya seperti dulu.

Selama lebih dari setengah tahun, Charla Nash harus dalam masa penyembuhan atas transplantasi wajah yang ia terima. Dokter membutuhkan waktu hingga 20 jam tatkala mengoperasi Charla Nash.

Satu hal yang mungkin paling menyiksa Charla Nash adalah tatkala harus tersenyum. Ia mengaku agak kesulitan melakukannya dengan wajah barunya.

“Saya tergantung bantuan dari orang lain. Hidup saya benar-benar tergantung mereka. Saya harus mampu hidup mandiri. Dan ingin segera naik kuda dan tinggal dirumah. Saya ingin segera berkumpul dengan putriku dan berjemur dibawah sinar matahari,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda