Scroll to Top

Hasil Akhir F1 GP Sepang Malaysia : Ferrari Penuh Kejutan

By Rheza Fadhlillah / Published on Sunday, 25 Mar 2012

Fernando Alonso secara tidak terduga berhasil menjuarai seri kedua Formula Satu 2012 di Sirkuit Sepang Malaysia sore waktu setempat. Alonso sukses menahan gempuran pembalap dari tim Sauber Ferrari, Sergio Perez, yang tampil luar biasa pada balapan yang penuh drama itu.

Podium-Fernando-Alonso-Sergio-Perez-Lewis-Hamilton_Malaysia

Melalui strategi pit stop lebih awal, Perez berhasil menempatkan dirinya di posisi ketiga saat bendera merah dikibarkan tanda balapan dihentikan sementara akibat hujan lebat yang menyirami sirkuit pada putaran ke-9.

Lewis Hamilton dan Jenson Button kala itu memimpin di tempat satu dan dua. Di tempat keempat ada Mark Webber diikuti oleh Fernando Alonso dan Sebastian Vettel di posisi lima dan enam.

Panitia memutuskan untuk mengulang lomba dengan semua tim diharuskan menggunakan ban basah. Akan tetapi kondisi sirkuit yang sudah lebih kering setelah Safety Car meninggalkan sirkuit pada putaran ke-14, membuat beberapa tim memutuskan untuk kemudian menggantinya ke ban intermediate.

Button adalah pembalap pertama yang melakukan pergantian ban, diikuti Hamilton, Alonso, dan Webber pada putaran setelahnya. Mereka meninggalkan Perez sebagai pimpinan sementara lomba.

Pit stop supercepat Ferrari mengantarkan Alonso berada di depan Hamilton dan Webber. Hamilton harus rela kehilangan posisi karena menderita sedikit gangguan  pada ban depan kanannya saat melakukan pergantian .

Perez kemudian masuk pit pada putaran ke-16 dan sukses berada di depan Alonso. Namun, performa luar biasa Ferrari diatas ban intermediate, membuat Alonso dengan mudah melibas Perez untuk mengambil alih pimpinan lomba.

Seiring dengan permukaan sirkuit yang mengering, catatan waktu yang dicetak Sergio Perez pun semakin tajam. Jarak 7 detik terhadap Alonso perlahan mulai dipangkas hingga menjadi dibawah satu detik.

Perez, semakin menggila usai melakukan pergantian ban dari intermediate ke medium. Namun sayang, upayanya melewati Alonso harus berakhir setelah ia gagal mengendalikan mobilnya dan berlari melebar. Beruntung tidak terjadi kerusakan apapun pada mobil Perez.

Perez akhirnya berhak finis di posisi kedua dibelakang Alonso. Ditempat ketiga diisi Hamilton yang terlihat sulit mengembangkan kecepatan pada lomba kali ini. Tempat keempat diisi oleh Mark Webber diikuti Raikkonen di posisi lima.

Bruno Senna mengisi posisi keenam unggul jauh dari Paul di Resta di posisi tujuh. Jean Eric Vergne, Nico Hulkenberg, dan Michael Schumacher melengkapi posisi sepuluh besar. Schumacher harus rela kehilangan banyak posisi usai terlibat senggolan dengan Romain Grosjean di awal lomba.

Sebastian Vettel sementara itu berhasil finis ke-11. Timnya memberi Vettel perintah untuk meminggirkan mobil karena disinyalir mengalami gangguan. Namun Vettel memilih untuk tetap berada dilintasan dan berhasil menyentuh garis finis.

Secara tidak terduga duet pembalap Ferrari dari tim yang berbeda berhasil memenangkan lomba kali ini. Hasil tersebut seolah menggambarkan ketatnya peta persaingan perebutan gelar juara dunia musim 2012.

Hasil Akhir Lengkap F1 GP Malaysia, Sirkuit Sepang:

  1.  Alonso Ferrari 2h44:51.812
  2.  Perez Sauber-Ferrari + 2.263
  3.  Hamilton McLaren-Mercedes + 14.591
  4.  Webber Red Bull-Renault + 17.688
  5.  Raikkonen Lotus-Renault + 29.456
  6.  Senna Williams-Renault + 37.667
  7.  Di Resta Force India-Mercedes + 44.412
  8.  Vergne Toro Rosso-Ferrari + 46.985
  9.  Hulkenberg Force India-Mercedes + 47.892
  10.  Schumacher Mercedes + 49.996
  11.  Vettel Red Bull-Renault + 1:15.527
  12.  Ricciardo Toro Rosso-Ferrari + 1:16.826
  13.  Rosberg Mercedes + 1:18.593
  14.  Button McLaren-Mercedes + 1:19.719
  15.  Massa Ferrari + 1:37.319
  16.  Petrov Caterham-Renault + 1 lap
  17.  Glock Marussia-Cosworth + 1 lap
  18.  Kovalainen Caterham-Renault + 1 lap
  19.  Maldonado Williams-Renault + 2 laps
  20.  Pic Marussia-Cosworth + 2 laps
  21.  Karthikeyan HRT-Cosworth + 2 laps
  22.  De la Rosa HRT-Cosworth + 2 laps

Retirements

  • Kobayashi Sauber-Ferrari
  • Grosjean Lotus-Renault

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda