Scroll to Top

Tidur di Kelas Bisa Meningkatkan Daya Ingat?

By C Novita / Published on Monday, 26 Mar 2012

tidur meningkatkan daya ingat

Terkadang, mendengarkan penjelasan dosen atau guru di depan kelas bisa jadi sangat membosankan dan menyebabkan ngantuk. Itu sebabnya banyak kejadian lucu terjadi sehubungan dengan mahasiswa atau siswa yang tertidur di kelas.

Tidur memang memiliki banyak fungsi. Selain agar tubuh kembali segar, percaya atau tidak, fungsi lainnya adalah menjadi fasilitator belajar.

Baru-baru ini sebuah studi menemukan bahwa ketika kita memperoleh informasi baru, dan seberapa cepat kita tidur setelah itu, dapat mempengaruhi retensi (penyimpanan) kita terhadap info tersebut. Itu menurut penelitian di jurnal Public Library of Science One.

Dikutip dari Scientific America, 24/03/12, beberapa ilmuwan melakukan tes terhadap 200 orang yang menghafal kata-kata terkait seperti “api dan asap,” atau pasangan kata yang tidak berhubungan seperti “serangga dan kebenaran.”

Sebagian orang mempelajari kata-kata tersebut pada pukul 9 pagi, sedang yang lain pada pukul 9 malam.

Para peneliti tersebut lantas menguji kemampuan subyek untuk mengingat kembali hafalan pasangan kata setelah 30 menit, 12 jam atau 24 jam.

Ternyata, subjek yang tidur di antara waktu menghafal dan waktu tes, memiliki kemampuan lebih besar dalam mengingat kata yang mereka hafal dari pada subjek yang tidak tidur.

Yang paling menarik adalah, subjek tes yang tidur segera setelah menghafal, akan lebih mudah mengingat dari pada mereka yang beraktifitas atau terjaga dalam waktu lama, sebelum tidur.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa, tidur bisa meningkatkan daya ingat. Apalagi jika menghafal atau belajar itu dilakukan sesaat sebelum tidur.

Asal jangan tidur saat dosen atau guru sedang menerangkan pelajaran di kelas, yah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda