Scroll to Top

Popcorn Mengandung Lebih Banyak Antioksidan Dibanding Buah dan Sayur

By C Novita / Published on Tuesday, 27 Mar 2012

popcorn antioksidanPopcorn atau jagung tembak telah lolos uji sebagai makanan diet yang rendah kalori oleh para ilmuwan. Dan berkat penelitian itu pula terungkap bahwa ternyata kandungan antioksidan dari popcorn lebih tinggi dibanding buah dan sayur lain.

Antioksidan, yang dikenal sebagai polifenol,  memiliki manfaat kesehatan yang besar karena mereka membantu melawan molekul berbahaya yang merusak sel.

Tingkat antioksidan dalam popcorn lebih terkonsentrasi sebab kandungan air dalam popcorn hanya 4%. Sedangkan antioksidan pada buah dan sayur lebih encer sebab kandungan air pada buah dan sayur 90%.

Dirilis dari Dailymail 26/03/12, seporsi popcorn memiliki 300 mg antioksidan, atau hampir dua kali lipat dari antioksidan buah dan sayur pada porsi yang sama.

Serat yang dimiliki popcorn juga amat baik bagi lambung, dibanding buah dan sayur.

Para ilmuwan dari University of Scranton di Pennsylvania yang mengumumkan penemuan mereka itu pada pertemuan American Chemical Society di San Diego.

Peneliti Joe Vinson, yang melakukan riset tersebut mengatakan,

“Popcorn  lebih nyaman pada lambung. Mereka sangat bergizi “.

Namun Joe Vinson juga mengingatkan agar jangan sampai lupa mengkonsumsi buah dan sayur sebab vitamin dan mineralnya tidak terdapat pada popcorn.

Popcorn termasuk makanan biji-bijian yang tidak diproses sama sekali, dan manfaatnya mirip dengan jika seseorang mengkonsumsi gandum utuh, seperti sereal.

Perbandingannya, seporsi popcorn dapat memenuhi 70% asupan gandum yang dibutuhkan oleh seseorang per hari.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda