Scroll to Top

Nvidia Siapkan Tegra 4 Dengan 8 Core Untuk Pasar Tablet

By Ditya / Published on Wednesday, 28 Mar 2012

Nvidia Tegra 3

Baru-baru ini Nvidia, produsen kartu grafis terkemuka yang terkenal dengan produk GeForce ini disinyalir sedang mempersiapkan penerus prosesor Tegra 3, yaitu Tegra 4.

Sebuah email dari Jen-Hsun Huang, CEO Nvidia kepada semua karyawan Nvidia tersebut mengungkapkan kesuksesan peluncuran kartu grafis generasi Kepler GTX 680 dan rencana untuk Tegra 4.

Kabarnya, prosesor Tegra 4 atau T40 ini akan dilengkapi grafis dengan arsitektur Kepler dengan proses produksi 28nm. Kabarnya, Tegra 4 ini dilengkapi 8 core ARM prosesor.

Menurut beberapa sumber, Tegra 4 akan mewarisi sejumlah fitur dari GeForce, yaitu dukungan GPGPU (general Purpose Graphics Processing Unit) dan CUDA yang memungkinkan grafis membantu kinerja prosesor.

Grafis yang disisipkan di dalam Tegra 4 ini dikalim mampu menjalankan game Battlefield 3 dengan setting ultra diresolusi 1366 x 768 pixel dengan pemakaian daya hanya 20W saja.

Hematnya penggunaan daya diharapkan Tegra 4 dapat digunakan pada tablet atau superphone seperti Motorola Droid RAZR Maxx dengan baterai yang lebih tipis.

Tegra 4 akan dilengkapi 8 core menggunakan ARM Cortex-A15 untuk core prosesornya. Grafis Tegra 4 akan menggunakan GeForce Kepler ULP dan diyakini akan mampu mengalahkan kinerja grafis pesaingnya di pasar SOC (System On Chip).

Pengembangan Tegra 4 ini menggunakan kode nama proyek Denver dan akan bersaing dengan prosesor lain seperti Apple A6, Qualcomm MSM8974, Samsung Exynos yang terlebih dahulu muncul dipasaran sebagai mesin dari tablet PC.

Seperti yang dikutip dari VR-Zone, diperkirakan Nvidia Tegra 4 ini akan memulai debutnya di akhir 2012 atau pada kuartal pertama tahun 2013. Nvidia sendiri belum menanggapi secara resmi mengenai kehadira Tegra 4.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda