Scroll to Top

5 Kota Tua Dunia Yang Paling Layak Dikunjungi

By C Novita / Published on Thursday, 05 Apr 2012

Berkunjung ke kota tua, apalagi yang telah berdiri berabad yang lampau, pasti akan meninggalkan kesan mendalam. Bentuk dan arsitektur bangunan serta tata kota yang ada pada sebuah kota tua, pastinya berbeda dengan keadaan sebuah kota modern.

Berikut adalah 5 kota tua di dunia yang layak Anda kunjungi.

  • Yerusalem

Yerusalem merupakan salah satu kota tua yang usianya sudah berabad-abad. Di kota inilah dahulu perkembangan 3 agama besar, yaitu Islam, Kristen dan Yahudi terjadi. Banyak sekali bangunan kuno yang bernilai sejarah ada di Yerusalem.

  • Dubrovnik, Kroasia

Kota yang terletak di pinggir laut ini berusia lebih 5 abad. Karena keindahannya ia sampai dijuluki ‘Mutiara Laut Adriatik’. Dinding batu marmer berdiri di sepanjang jalan, seperti bangunan pada zaman Bizantium lainnya. Sayangnya, setelah perang saat Kroasia meminta kemerdekaannya dari Serbia, beberapa bangunan kuno menjadi rusak.

  • Luxor, Mesir

luxor

Kota ini dijuluki Museum Terbuka, sebab segala sesuatu di dalamnya layaknya isi sebuah museum. Luxor berdiri sekitar 4000 tahun yang lalu di sekitar ibukota Thebes. Ia menjadi sumber referensi perkembangan sejarah Mesir Kuno.

  • Buenos Aires

Arsitektur neoklasik kota Buenos Aires tetap bertahan hingga saat ini. Peninggalan jaman kolonial yang telah menjajah Buenos Aires sejak berabad lampau, masih banyak ditemui pada saat ini.

  • Lamu Old Town, Kenya

lamu old town

Lamu merupakan pemukiman suku Swahili yang usianya sudah amat tua. Ia seperti terawetkan oleh cuaca Afrika yang panas. Usianya sudah lebih dari 700 tahun, dan hampir tidak berubah dengan jalan-jalan sempit dan bangunan batu kunonya.

 

Sumber Thetelegraph

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda