Scroll to Top

Real Madrid vs Valencia 0-0: Jarak Tinggal 4 Angka

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 09 Apr 2012

Real Madrid kembali terganjal. Setelah mencetak 10 gol dalam dua laga terakhir, Cristiano Ronaldo dkk. tumpul di depan gawang Valencia. Jarak sang pemuncak klasemen dari Barcelona pun menipis. Yang awalnya 6 poin sebelum pekan 31, kini hanya tinggal empat.

Real Madrid vs Valencia 0-0

Tekanan. Januari lalu, Barcelona yang disebut panik. Setiap bertanding pasca laga Real Madrid, El Barca lebih sering sial. Bahkan, pernah jarak begitu jauh hingga 10 angka. Namun, kini giliran pasukan Jose Mourinho yang memiliki kendala serupa.

Selama 26 pekan awal Liga Spanyol, Real Madrid seperti bermain di liga dengan standard yang mereka tentukan: menang, menang, dan menang lagi. Namun, dalam enam laga terakhir mereka cuma mengemas tiga kemenangan dan tiga hasil seri. Lampu kuning sudah hampir berubah warna menjadi merah.

Tidak ada yang salah dari strategi. Bermain di kandang sendiri, Los Blancos memainkan trio penyerang sekaligus: Gonzalo Higuain-Karim Benzema-Cristiano Ronaldo. Apakah setelah mencetak 101 gol dalam semusim, ada kutukan tersendiri, kita tidak mengetahui. Tapi, hari ini ketiganya harus bersimpuh di bawah penyelamatan demi penyelamatan Vicente Guaita.

Valencia datang untuk bertahan; itu pasti. Apa yang bisa diharapkan dari permainan super terbuka atas klub yang mampu mencetak 100 gol dalam 30 pertandingan? Namun, bukan berarti El Che pengecut. Mengandalkan serangan balik, Unai Emery bisa dikatakan “setengah menang” dalam laga ini. Bukankah ia dengan tepat “mengkloning” DNA Jose Mourinho yang sukses membawa The Special One menjuarai Liga Inggris dan Liga Italia?

Tiang gawang menjadi hantu bagi kedua tim. Tembakan keras Cristiano Ronaldo di menit 7 mentah oleh “musuh utama” para penyerang.

Selang 19 menit, keadaan berbalik. Ricardo Costa tak bisa menghindarkan tandukannya dari tiang gawang. Padahal, Iker Casillas sudah rebah ke tanah setelah menepis tembakan Tino Costa.

Babak kedua tidak berubah. Jose Mourinho mencoba peruntungan dengan memasukkan Angel di Maria menggantikan Gonzalo Higuain. Namun, Vicente Guaita seperti memiliki empat tangan untuk mengantisipasi tembakan demi tembakan para pemain Real Madrid. Sementara, tendangan keras Tino Costa lebih suka membentur gawang di menit 55. Hingga peluit panjang berbunyi, Valencia sukses mengamankan satu poin di Santiago Bernabeu.

Ujian terjal kini harus dilakoni Real Madrid. Pertengahan pekan ini mereka harus berhadapan dengan Atletico Madrid di Vicente Calderon. Sementara, Barcelona kemungkinan akan meraih angka penuh ketika menjamu Getafe; tim yang menyumbat mereka 1-0 November tahun lalu. Jika Madrid memang ingin menjadi juara, tidak ada cara lain kecuali merampok 3 angka di Derby Madrid.

Real Madrid Valencia
33(10) Tembakan (Tembakan ke Gawang) 17(4)
12 Pelanggaran 16
11 Tendangan Sudut 5
2 Offside 1
60% Ball Possession 40%
3 Kartu Kuning 3
0 Kartu Merah 0
4 Penyelamatan 10

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda