Scroll to Top

Apakah Orang Kurus Perlu Olahraga Juga?

By C Novita / Published on Wednesday, 11 Apr 2012

olahragaWanita-wanita dengan tubuh yang kurus sering kali merasa tidak perlu berolahraga. Takutnya, nanti malah semakin kurus sebab persediaan kalori mereka terbakar saat olahraga.

Ini jelas pendapat yang tidak tepat, sebab olahraga bagaimana pun akan membawa efek positif bagi tubuh. Bahkan pada orang kurus sekali pun, olahraga dibutuhkan.

Hanya saja, pemilihan jenis olahraga yang sesuai dengan bentuk tubuh memang sangat penting. Orang yang kurus sebaiknya tidak melakukan jenis olahraga yang diperuntukkan bagi orang gemuk.

Berikut ini jenis olahraga yang sebaiknya dilakukan seseorang sesuai dengan bentuk tubuhnya.

  • Kurus (tipe Ectomorph)

Untuk orang kurus, latihan yang bertujuan melatih kekuatan otot akan bermanfaat. Angkat beban dengan durasi tidak lebih dari 45 menit setiap latihan, baik untuk menambah massa otot. Juga olahraga yang bertujuan melenturkan seperti Yoga dan Pilates. Untuk kecakapan skill (motorik), beladiri pun baik untuk orang kurus.

  • Ramping (tipe Mesomorph)

Mereka dengan bentuk tubuh seperti ini akan sangat mudah membentuk tubuh dengan olahraga. massa otot yang bagus dapat bertahan cukup lama tanpa mereka takut bentuk tubuhnya jadi gemuk. Olahraga yang sebaiknya dilakukan hampir mirip dengan tipe kurus.

  • Gemuk (tipe Endomorph)

Orang dengan tipe tubuh gemuk, biasanya punya kecenderungan untuk mudah kembali gemuk. Massa ototnya sulit untuk terbentuk dan bertahan lama. Jadi, fokus olahraga bagi mereka adalah menurunkan timbunan lemak dahulu, sebelum bembentukan otot.

Olahraga yang disarankan untuk orang gemuk adalah latihan kardiovaskular semisal joging, bersepeda, dan renang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda