Scroll to Top

Rutin Minum Soda Bahayakan Jantung Anak

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 12 Apr 2012

anak sakit jantung

Jangan biarkan anak Anda kecanduan soft drink atau minuman bersoda. Di samping memiliki kandengan kafein dan gula cukup tinggi, soda juga membahayakan kesehatan jantung anak-anak. Risiko serangan jantung menjadi lebih besar pada anak-anak yang rutin minum soda.

Sehari minum segelas soda atau lebih sudah cukup memberikan alasan untuk hadirnya serangan jantung pada anak. Soda menjadi sumber karbohidrat tinggi. Dengan menambahkan karbohidrat 274 gram pada tubuh, akan terjadi penyempitan pembuluh darah di retina anak. Penyempitan ini, pada orang dewasa, menjadi pemicu munculnya senyawa yang menyebabkan penyakit jantung.

Tidak ada keuntungan dari minuman ringan bersoda,” kata Dr Gopinath dalam sebuah studi.

Kenyataan itu didapatkan dari pemeriksaan terhadap 2.000 anak berusia 12 tahun yang rajin minum manis. Mereka lalu diperiksa retina matanya di di Pusat Penelitian Visi di University of Sydney. Hasilnya, pembuluh darah retina menyempit terjadi pada mereka yang asupan karbohidratnya mencapai lebih dari 274 gram per hari. Inilah yang kemudian terdeteksi adanya gejala awal penyakit jantung pada anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda