Scroll to Top

Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi Akan Memecahkan Rekor Sepatu Emas Eropa?

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 14 Apr 2012

Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi terus berkejaran sebagai top skorer Liga Spanyol. Pekan 31 lalu, Messi sempat unggul dengan 38 gol berbanding CR7 yang baru 37 gol.

Sepatu Emas

Namun, pekan ke-32 keadaan berbalik. Ronaldo mencetak hattrick ke gawang Atletico Madrid, sementara Messi hanya membukukan satu gol ke gawang Getafe. Alhasil kini CR7 memimpin dengan 40 gol dan sang Mesiah ada di bawahnya dengan 39 gol.

Sementara dua penyerang terbaik dunia ini bersaing satu sama lain, tidak ada lagi yang mampu menyaingi keduanya untuk merebut Sepatu Emas Eropa periode 2011/2012.

Sebutkan para penyerang top dunia yang berlaga di liga elite Eropa. Klaas-Jan Huntelaar dari Schalke 04 boleh saja menjadi top skorer di Europa League. Kesuburannya di Liga Jerman juga tergolong luar biasa, 24 gol. Namun jumlah sebanyak itu bahkan terkesan minor dibandingkan dengan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Demikian pula kasus yang menimpa Mario Gomez (25 gol) dan Robin Van Persie (26 gol). Mereka memang perkasa; di atas rata-rata. Namun, di atas bintang paling terang sekalipun selalu ada bintang yang lebih terang.

Cristiano Ronaldo

Lebih jauh, saat ini Liga Spanyol masih menyisakan 6 pertandingan lagi. Jika berpatokan dengan jumlah bertanding dan jumlah gol, secara kasar kita akan mendapatkan angka sebagai berikut: Lionel Messi akan mencetak 46 hingga 47 gol sementara Cristiano Ronaldo akan mendapatkan 47 hingga 48 gol.

Andai rekaan ini menjadi kenyataan, entah Lionel Messi atau Cristiano Ronaldo yang menjadi top skorer Liga Spanyol, sudah dipastikan akan merebut gelar Sepatu Emas Eropa. Tidak cukup hanya itu, salah satu dari keduanya akan berpredikat sebagai peraih Sepatu Emas Eropa dengan jumlah gol terbanyak sepanjang masa.

Saat ini, rekor tersebut dimiliki oleh Dudu Georgescu. Pemain Rumania ini menyabet Sepatu Emas Eropa pada tahun 1976/1977 dengan 47 gol dalam semusim bersama klub setempat, Dinamo Bucharest.

Kebetulan, saat itu Sepatu Emas Eropa tidak mengenal sistem koefisien gol. Jadi, siapa pun yang mencetak gol terbanyak untuk sebuah klub di liga domestik, akan merengkuh gelar paling prestisius bagi para penyerang yang mencari nafkah di Eropa. Artinya, Lionel Messi atau Ronaldo bisa jadi akan berbagi tempat dengan Dudu Georgescu.

Lionel messi 3

Jika bicara rekor gol tertinggi sejak Sepatu Emas Eropa mengenal sistem koefisien gol —jumlah gol penyerang yang berlaga di liga elite akan dikalikan 1,5 hingga 2—, rekor saat ini dipegang oleh Mario Jardel.

Penyerang Brazil ini membukukan 42 gol di Liga Portugal musim 2001/2002 saat berkostum Sporting Lisbon. Artinya, dengan koleksi gol saat ini, Messi cuma membutuhkan 4 gol untuk menyalip rekor Jardel dan Ronaldo malah hanya butuh 3 gol saja.

Berikut ini ranking sementara calon peraih Sepatu Emas Eropa per 12 April 2012.

No Pemain Klub Liga Gol Poin
1 Cristiano Ronaldo Real Madrid La Liga 40 80
2 Lionel Messi Barcelona La Liga 39 78
3 Robin van Persie Arsenal Premier League 27 54
4 Mario Gómez Bayern Muenchen Bundesliga 25 50
5 Klaas-Jan Huntelaar Schalke 04 Bundesliga 24 48
6 Burak Yılmaz Trabzonspor Süper Lig 32 48
7 Aleksandrs Čekulajevs Narva Trans Meistriliiga 46 46
8 Zlatan Ibrahimović AC Milan Serie A 23 46
9 Wayne Rooney Manchester United Premier League 22 44
10 Radamel Falcao Atlético Madrid La Liga 21 42

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda