Scroll to Top

Samsung Kalahkan Nokia Di Pasar Ponsel Global

By Ditya / Published on Friday, 13 Apr 2012

Nokia VS Samsung

Dominasi perusahaan yang berbasis di Finlandia, Nokia sebagai produsen ponsel terbesar kini telah dikalahkan oleh Samsung.

Berdasarkan polling dari Reuters, Nokia yang telah memimpin pasar ponsel selama 14 tahun ini telah dikalahkan oleh produsen ponsel yang berbasis di Korea untuk pertama kalinya.

Dari hasil polling menunjukan bahwa analis memperkirakan bahwa Samsung telah menjual 88 juta unit pada bulan Januari sampai Maret, melebihi Nokia yang mencapai 83 juta unit.

Samsung mengandalkan line up Galaxy seiring populernya sistem operasi Android, produk seperti Galaxy Nexus dinilai mampu menarik perhatian pasar.

Seperti yang dikutip dari SMH, nokia telah mengumumkan total penjualan pada hari rabu sedangkan Samsung akan mengumumkan hasil penjualan pada tanggal 27 April.

Nokia telah berjuang selama beberapa tahun terakhir ini di pasar smartphone, namun popularitas Android dan iOS membuat Nokia berada diposisi bawah.

Nokia sendiri awalnya mengusung sistem operasi Symbian yang sebelumnya sempat menguasai pasar smartphone dan kini beralih mengusung Windows Phone sebagai sistem operasi utama smartphone.

“Setelah 14 tahun Nokia sebagai pembuat ponsel terbesar, kini makin terlempar dari posisi puncak, ini merupakan pukulan pahit bagi Nokia. Berbeda dengan Samsung yang produknya selalu disambut euforia pasar,” kata Ben Wood, kepala riset CCS Insight.

Nokia menjadi produsen ponsel terbesar di dunia pada tahun 1998 setelah mengalahkan Motorola dan mampu mengendalikan 40% pasar selama bertahun-tahun, saat itu, Samsung baru memasuki pasar ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda