Scroll to Top

Robert Doisneau Pelopor Foto Jurnalistik di Logo Google

By Cherlya / Published on Saturday, 14 Apr 2012

robert doisneau google

Robert Doisneau adalah seorang fotografer Perancis. Pada tahun 1930 ia menggunakan sebuah kamera Leica di jalanan untuk mengabadikan fotografi kota Paris. Bersama dengan Henri Cartier-Bresson, Robert Doisneau sering disebut sebagai pelopor foto jurnalistik.

Ia terkenal atas karya “Baiser Le de l’hôtel de ville” (Ciuman sebelum Hotel de Ville) yang dibuat di tahun 1950, foto pasangan berciuman di jalanan sibuk kota Paris. Robert Doisneau diangkat sebagai Chevalier (Ksatria) yaitu sebuah gelar kebangsawanan tertinggi Perancis pada tahun 1984.

Fotografi Robert Doisneau dikenal sederhana, ceria dan eksentrik dari jalanan kontemporer dan kafe Paris. Karya beliau diabadikan dalam lebih dari dua puluh buku.

Keajaiban kehidupan sehari-hari begitu menawan, tidak ada sutradara film yang dapat menggambarkan apa yang Anda temukan di jalan. -Robert Doisneau.

Karya Doisneau mempunyai keunggulan yang unik dalam mengangkat budaya anak jalanan yang tak terkekang oleh orang tua. Untuk menghormatinya, ada beberapa Ecole Primaire (Sekolah Dasar) di Perancis dinamai dengan namanya.

Robert Doisneau adalah salah satu fotografer terbaik Perancis yang pernah ada. Foto-fotonya selama beberapa dekade merupakan sumbangan besar terhadap sejarah kehidupan Perancis. Dia telah menerbitkan lebih dari dua puluh buku berisi gambar-gambar yang bersifat realistis yang banyak mengangkat sisi individual kota Paris.

Hari ini, Sabtu 14 April 2012, Google memperingati 100 tahun kelahiran Robert Doisneau. Dengan memajang beberapa karya hitam putihnya di Google doodle. Bagaimana menurut anda logo google hari ini? Tulis di kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda