Scroll to Top

Virus Android Masuk Lewat SMS

By Ibnu Azis / Published on Saturday, 14 Apr 2012

Android MalwareVirus di perangkat Android kembali mengancam. Malware diindikasi mampu menyusup ke ‘robot ijo’ melalui pintu masuk SMS.

Setidaknya ini menurut NQ Mobile Security Research Center yang menemukan UpdtBot yang mampu menyebar melalui pesan singkat.

Modus virus ini sangat sederhana. Mulanya calon korban akan menerima sebuah SMS yang berisi perintah untuk menklik tautan dengan dalih memutakhirkan sistem ponsel.

Jika pengguna menklik tautan tersebut, maka secara otomatis akan mengunduh UpdtBot ke ponsel.

Celakanya tak hanya mengunduh. Malware jahat ini akan diinstal secara otomatis ke ponsel. Dan setelah diinstal, maka akan terhubung dengan server yang akan mengendalikan dari jarak jauh.

Apa dampaknya? Malware akan membuat serangkaian perintah yang tanpa diketahui oleh pemilik telepon.

Seperti mengirim SMS, membuat panggilan telepon, mengunduh serta menginstal aplikasi tanpa izin dan masih banyak lagi.

Dengan demikian tanpa sepengetahuan pengguna , pulsa akan tersedot habis untuk menjalankan segala aktivitas tersebut. Baik penggunaan data atau aktivitas telepon dan SMS.

NQ Mobile Security Research Center mengatakan ada sekitar 160 ribu perangkat Android yang telah terinfeksi.

Untuk mencegah ancaman UpdtBot, NQ Mobile Security Research Center menyarankan untuk mengunduh aplikasi Android dari lokasi terpercaya.

Dan jangan asal unduh, perhatikan variabel yang lain. Seperti review dan komentar pengguna. Untuk mengidentifikasi aplikasi malware Android, sila ikuti tautan berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda