Scroll to Top

Gempa Banten 6 Skala Richter Goyang Pandeglang

By Cherlya / Published on Sunday, 15 Apr 2012

gempa banten 6 srGempa Banten dengan kekuatan 6 skala richter terjadi pada hari Minggu pagi (15/04) pukul 02.26 WIB. Gempa tersebut berpusat di kilomoter 95 barat daya Pandeglang pada kedalaman 10 kilometer Ujung Kulon Banten.

Gempa Pandeglang Banten ini terasa sampai ke Jakarta walaupun hanya sedikit. Menurut laporan BMKG gempa ini tidak berpotensi menimbulkan Tsunami namun tetap beperluang munculnya gempa susulan. Gempa Banten terjadi karena adanya kontak lempeng Indo-Australia dengan Pulau Jawa dan merupakan gempa subduksi.

“Cirinya terlihat dari arah jurusan gempa yang di atas 300 derajat kedalaman lebih dari 40 km dan mekanismenya sesar naik” tutur Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Bidang data dan Informasi BPNB.

Berdasarkan analisis para pakar gempa bumi ITB, dalam tahun 2011 telah beberapa kali terjadi gempa yang mirip yaitu pada 12 Januari 2011 dan 30 Desember 2011. Gempa-gempa ini membuktikan bahwa subduksi di Selat Sunda secara tektonik aktif.

Kemudian adanya daerah kekosongan kegempaan (seismic gap) di bagian barat dayanya (Selat Sunda) yang berpotensi menghasilkan bencana gempa kembali di masa depan. Maka masyarakat diwajibkan untuk terus waspada.

“Hingga pukul 08.15 wib, belum ada laporan kerusakan akibat gempa ini,” kata Sutopo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda