Scroll to Top

Google Earth Bantu Anak Temukan Ibu Kandung

By Ibnu Azis / Published on Monday, 16 Apr 2012

Google Earth Bantu Anak Temukan Ibu KandungPada tahun 1986, Saroo Brierley berpergian menggunakan kereta bersama kakaknya.

Tanpa sengaja mereka berdua terpisah. Saroo Brierley kecil tertidur di dalam kereta.

Dan 14 jam kemudian ia terbangun di sebuah pemukiman kumuh di Calcuta, India, tanpa sang kakak.

Ia akhirnya hidup di jalanan. Bergabung dengan kawanan anak-anak jalanan lain demi bertahan hidup sebelum akhirnya diadopsi keluarga asal Australia.

“Saya takut dan pasrah. Saya tak bisa pulang. Saya fikir Australia adalah jalan keluar yang masuk akal untuk masalah ini,” terang Saroo Brierley.

Menginjak dewasa, Saroo Brierley berfikir untuk mengetahui asal-usulnya. Tanpa mengetahui nama kota kelahiran, ia menjelajah jejak dan bekas tatkala ia tersesat di kereta.

Saroo Brierley mengira-ngira jarak 14 jam yang ia tempuh degan kereta. Ia menelusuri asal-mula daerah ia tersesat.

Ia menghitung mundur dari Calcuta, India, untuk menuju lokasi asal ia dimana berasal. Kemudian Saroo Brierley akhirnya menemukan kota tersbeut adalah Khandwa.

“Saya menemukannya. Saya langsung memerbesar gambar dan muncul begitu saja. Saya mengetahui air terjun dimana saya dulu biasanya bermain,” imbuh Saroo Brierley.

Ketika sampai di Kota Khandwa, Saroo Brierley menemukan rumah yang nampak akrab dengannya. Tapi sayangnya keluarganya telah pindah.

Dengan bantuan tetangga dan orang sekitar, akhirnya Saroo Brierley menemukan lokasi dimana ibunya tinggal sekarang.

Dan berkat Google Earth, keluarga yang telah terpisah selama 25 tahun ini akhirnya bisa berkumpul kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda