Scroll to Top

Nico Rosberg : Sangat Sulit Menjaga Kondisi Ban

By Rheza Fadhlillah / Published on Monday, 16 Apr 2012

Nico Rosberg first ever Grand Prix F1 win

Kemenangan perdana yang berhasil diraih Nico Rosberg tepat pada ke-111 kali keikutsertaannya di ajang balap Formula Satu rupanya tidak ia raih semudah membalikan telapak tangan.

Meski mampu membuat keunggulan dengan jarak meyakinkan yakni mencapai 20 detik dari pembalap di posisi kedua, Rosberg mengatakan bahwa secara keseluruhan balapan berlangsung sulit.

Rosberg mengakui kemenangan yang ia raih adalah berkat manajemen ban (Tyre Management) yang baik dan hal tersebut bukan lah sesuatu yang mudah. Tidak ada satu putaran pun pada GP China yang ia lalui dengan bersantai.

Rosberg harus selalu berhati-hati dan cermat dalam menjaga kondisi ban agar tidak dengan cepat terkikis sebelum mencapai putaran akhir.

“Ini segalanya tentang manajemen ban”, jelas pemenang GP China tersebut. “Sangatlah sulit untuk menjaga kondisi ban.”

“Tidak ada satu putaran pun dimana kamu bisa bersantai. Kamu benar-benar harus melakukannya dengan hati-hati dan menjaga kondisi ban, ini sangat menantang. Namun ini bekerja dengan baik dan strateginya juga baik.”

Bagi Rosberg yang baru pertama kali merasakan kemenangan di ajang sekelas Formula Satu, GP China merupakan balapan terpanjang yang pernah ia rasakan selama karir balapnya.

“Ini adalah balapan terpanjang selama hiduku. Saya seperti merasa berkendara di ajang Le Mans 24 Hours. Ini gila. 30 putaran terakhir yang tidak pernah berakhir.”

“Kemudian saya menikmati beberapa putaran tersisa, karena saya merasa ‘ Oke, ini adalah kemenangan saya’. Saya sangat bangga terhadap tim.”

Kemenangan perdana Rosberg juga merupakan kemenangan perdana bagi Mercedes GP sejak keikutsertaannya kembali di tahun 2010, atau setengah abad setelah terakhir kali mereka memenangkannya di F1 era 50-an melalui Juan Manuel Fangio.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda